Jakarta (ANTARA) - Damri menyampaikan bahwa layanan Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan rute Jakarta - Surabaya menjadi salah satu favorit bagi para pelanggan yang akan melakukan perjalanan.

"Layanan AKAP dengan rute Jakarta-Surabaya merupakan salah satu rute yang sangat dinantikan oleh para pelanggan. Saat ini pelanggan banyak yang menggunakan layanan AKAP sebagai transportasi pilihan utama ketika akan melakukan perjalanan," kata Corporate Secretary Damri Akhmad Zulfikri di Jakarta, Selasa.

Fikri mengatakan, jumlah penumpang Damri untuk layanan ini pada periode Januari - Agustus 2022 mencapai lebih dari 50 ribu penumpang dengan dominasi tujuan untuk keperluan bisnis dan pariwisata.

Adapun layanan Jakarta-Surabaya ini memiliki dua jenis kelas layanan, yaitu Eksekutif dan Royal.

Dengan adanya kedua layanan tersebut diharapkan mampu membuat pelanggan menentukan pilihan kenyamanan sesuai dengan preferensinya masing-masing.

Fikri menjelaskan, rute ini memiliki dua jadwal serta titik keberangkatan yang berbeda di antaranya sebagai berikut:

1. Jakarta - Surabaya (Via Pool DAMRI Kemayoran pukul 14.00, 17.00, dan 19.00 WIB)
2. Jakarta - Surabaya (Via Pool DAMRI Pulogebang pukul 15.00, 17.00, 18.00, 19.00, dan 20.00 WIB)

Lebih lanjut Fikri menyampaikan, terdapat penyesuaian pasca naiknya bahan bakar minyak (BBM) serta biaya operasional bus.

Berikut adalah tarif lama serta tarif setelah penyesuaian untuk layanan AKAP dengan rute Jakarta - Surabaya.
1. Tarif lama untuk kelas Eksekutif Rp285.000, menjadi Rp340.000 setelah penyesuaian.

2. Tarif lama untuk kelas Royal Rp350.000, menjadi Rp420.000 setelah penyesuaian.

Ia menambahkan, meski ada penyesuaian tarif yang diberlakukan, namun pelayanan dari segi fasilitas maupun operasional tetap terjaga.

Damri tetap memastikan bahwa layanannya selalu beroperasi secara optimal dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat di setiap armada maupun terminal.

“Kami berharap pelanggan yang hendak melakukan perjalanan dapat menikmati layanan secara aman, nyaman, dan selamat, karena kami selaku operator memastikan pelayanan yang diberikan selalu prima dan tetap memberlakukan protokol kesehatan di dalam bus maupun di terminal,” katanya.

Baca juga: Damri layani angkutan pariwisata kawasan Danau Toba
Baca juga: Damri resmi luncurkan pembaruan aplikasi DAMRI Apps
Baca juga: Damri gandeng Alfamart dan Indomaret jual tiket bus AKAP

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022