Stop trek trekan dan blokir jalan umum
Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya sedang mencari dan menyiapkan lokasi untuk balap jalanan (street race) harian agar bisa efektif digunakan masyarakat untuk mencegah terjadinya memacu kendaraan sepeda motor secara liar di beberapa lokasi jalan tertentu. 

"Ke depan ikhtiar dan inovasi ini belum selesai. Mimpi kami Polda Metro Jaya kita dapat berkolaborasi menemukan lokasi yang menjadi fasilitas yang bisa digunakan setiap hari," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Jakarta, Sabtu.

Fadil mengatakan mencari lokasi yang sesuai untuk memfasilitasi kegiatan balap jalanan akan menjadi tantangan, namun hal itu harus dilakukan untuk memberi wadah bagi pemilik hobi balap agar tak terjadi balap liar.

"Stop trek trekan dan blokir jalan umum. Kalau teman-teman bersatu dan kooperatif, pasti kita akan fasilitasi," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya gelar ajang balap jalanan seri keempat di Kemayoran

Kegiatan balap jalanan tersebut diharap bisa menjadi pemicu terbentuknya ekosistem balap, yang nantinya pengelolaan agenda balap jalanan tersebut akan kembali diserahkan kepada komunitas balap.

"Mimpi saya ke depan bukan lagi diselenggarakan Polda Metro Jaya, tapi sudah dilaksanakan oleh teman teman sendiri," ujar Fadil.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada Sabtu ini kembali menggelar ajang balap jalanan seri keempat di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang dihadiri oleh 1.050 peserta tersebut adalah lanjutan dari keberhasilan ajang tersebut meredam balap liar di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Polda Metro Jaya gelar sayembara desain logo balap jalanan

Tiga ajang serupa telah digelar oleh Ditlantas Polda Metro di Ancol, Jakarta Utara, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan dan Meikarta, Cikarang Bekasi.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022