Jakarta (ANTARA) - Komandan kapal Kanada HMCS Winnipeg, Annick Fortin, mengatakan Operasi Projection dapat memperkuat kerja sama dengan sekutu dan mitra di kawasan Indo-Pasifik.

"Kami bekerja sama dengan sekutu dan mitra kami yang cakap di Indo-Pasifik untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan ini," ujar Annick Fortin dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan kawasan Indo-Pasifik telah masuk dalam proyeksi Kanada di bidang pertahanan dan keamanan.

Annick mengatakan Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi dalam operasi Projection.

"Kunjungan pertama kami yaitu Jakarta, Indonesia. Kemudian HMCS Winnipeg akan melanjutkan perjalanan ke Singapura, Malaysia, Kamboja, Thailand, dan Jepang," ujar dia.

Ia mengatakan pihaknya akan melaksanakan upaya latihan bersama dengan angkatan laut negara-negara mitra selama berada di kawasan Indo-Pasifik.

Selama melakukan kunjungan ke Jakarta, Annick Fortin menemui Panglima Komando Armada RI, Laksamana Muda Abdul Rasyid Kacong, dan Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda Arsyad Abdullah.

Ia mengatakan kerja sama dengan Indonesia merupakan bagian penting keterlibatan Kanada dalam memberikan kontribusi pada pembangunan hubungan dengan negara mitra.

Kapal Her Majesty’s Canadian Ship (HMCS) Winnipeg akan berlabuh di Jakarta hingga 3 September.

Kunjungan HMCS Winnipeg merupakan bagian penempatan di Indo-Pasifik selama lima bulan dalam Operasi PROJECTION.

Setelah menyelesaikan kunjungan HMCS Winnipeg di kawasan indo-Pasifik, kapal fregat Angkatan Laut Diraja Kanada itu akan kembali ke Kanada pada Desember.

Duta Besar tertunjuk Kanada untuk Indonesia Nadia Burger mengatakan Kanada dan Indonesia memperingati 70 tahun hubungan bilateral kedua negara pada 2022.

"Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Indonesia dan Kanada bersama-sama. Kita memiliki hubungan di semua sektor. Kunjungan ini menunjukkan komitmen Kanada untuk meningkatkan hubungan dengan Indonesia," kata Nadia.

Ia mengatakan Kanada berkomitmen untuk terus meningkatkan hubungan dengan Indonesia di semua sektor.

Dalam kesempatan yang sama, Atase Pertahanan Kedubes Kanada Kolonel Stewart Taylor mengungkapkan bahwa pihaknya sedang berdiskusi dengan Indonesia untuk dapat menjalin hubungan dalam kebijakan pertahanan secara reguler.

Pembicaraan itu, katanya, dimaksudkan agar kedua negara dapat menentukan bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama untuk kerja sama di masa depan.


Baca juga: Kapal angkatan laut Kanada HMCS Winnipeg berkunjung ke Jakarta

Baca juga: Dubes: Kunjungan kapal Winnipeg pererat hubungan Kanada-Indonesia


 

Menlu Kanada sampaikan dukungan Presidensi G20 Indonesia kepada Jokowi

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022