Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membuka pendaftaran Beasiswa Riset Baznas 2022 sebagai bagian dari komitmen pemanfaatan dan pendayagunaan dana zakat bagi dunia pendidikan.

"Alhamdulillah Beasiswa Riset Baznas konsisten diadakan setiap tahun, di samping program beasiswa lain yang digulirkan Baznas," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam webinar yang diikuti dari Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan program beasiswa riset merupakan program pembiayaan dana riset tugas akhir mahasiswa dari jenjang diploma, sarjana, maupun pascasarjana.

Beasiswa Riset Baznas untuk kategori umum, diberikan kepada mahasiswa aktif yang sedang menyusun tugas akhir untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar diploma, S1, S2, ataupun S3.

Calon penerima beasiswa kategori ini adalah WNI di seluruh kampus dan jurusan dengan akreditasi minimal B oleh BAN-PT. Pendaftaran Beasiswa Riset BAZNAS dibuka mulai 5 hingga 26 September 2022, pukul 08.00 WIB.

Baca juga: BAZNAS buka Program Beasiswa Ma'had Aly bagi kalangan tidak mampu

Ia menjelaskan Beasiswa Riset Baznas bertujuan memberikan bantuan dana riset tentang zakat yang prospektif, mengembangkan riset tentang zakat bagi kemaslahatan umat, dan mengembangkan inovasi-inovasi penghimpunan, pendistribusian, serta pendayagunaan zakat.

"Baznas memiliki komitmen yang kuat dalam dunia pendidikan. Selain untuk memberikan akses pendidikan yang layak kepada mereka yang membutuhkan. Baznas juga bertekad untuk mengembangkan ekosistem zakat melalui riset yang bermanfaat bagi umat," kata dia.

Ia mengatakan program beasiswa riset ini tak sekadar pemberian beasiswa pada umumnya, namun disertai adanya paparan riset bulanan dan hasilnya bisa diakses publik secara gratis.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan mengatakan bantuan riset untuk jenjang S1 berupa dana Rp4 juta, S2 mendapatkan Rp7 juta, dan S3 dana Rp10 juta.

Dia mengatakan program ini dapat terlaksana berkat dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat melalui Baznas.

Untuk mengetahui persyaratan maupun pendaftaran dapat mengunduh berkas pada laman https://bit.ly/syaratrisetbaznas2022.

Baca juga: Baznas kembali luncurkan beasiswa bagi 2.000 mahasiswa
Baca juga: 10 mahasiswa UIR terima beasiswa Cendikia Baznas
Baca juga: Baznas berikan beasiswa generasi muda Sulteng untuk jenjang sarjana

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022