Rombongan Presiden tiba di Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki pukul 17.45 WIT dengan menggunakan pesawat Kepresidenan RJ- 85
Saumlaki, Maluku (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Kamis (1/9) sore WIT untuk melakukan kunjungan kerja.

Rombongan Presiden tiba di Bandara Mathilda Batlayeri Saumlaki pukul 17.45 WIT dengan menggunakan pesawat Kepresidenan RJ- 85.

Setibanya di Bandara Mathilda Batlayeri, Presiden dan Ibu Negara disambut oleh Gubernur Maluku Murad Ismail dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Provinsi Maluku, serta Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar Daniel Eduard Indey.

Presiden didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Pantauan di lapangan, Presiden berserta rombongan menuju ruang tunggu utama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar usai disambut dengan tari-tarian adat Tanimbar.

Setelah beristirahat sejenak di ruang tunggu utama Pemkab Kepulauan Tanimbar, Presiden dan rombongan bergerak menuju Hotel Beringin Dua Saumlaki di Jalan Mathilda Batlayeri.

Di sepanjang rute jalan yang dilalui, Presiden Jokowi dan rombongan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Tanimbar.

Berdasarkan jadwal kegiatan yang diterima ANTARA, Presiden bersama rombongan akan bermalam di Saumlaki.

Pada Jumat (2/9) 2022 Presiden dijadwalkan akan meninjau beberapa tempat pasar maupun pusat kegiatan masyarakat.

Selain meninjau obyek vital perekonomian, Presiden juga diagendakan meninjau pusat kegiatan masyarakat dan beberapa obyek lainnya.

Pada Jumat (2/6) sore, Presiden akan berangkat meninggalkan Saumlaki bersama rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya.

Sebanyak 2.961 personel gabungan Polri dan TNI di Maluku dilibatkan dalam pengamanan kunjungan Presiden di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Kasrem 151/Binaiya Kolonel (Kav) Joko Setiawan Sejati, menyampaikan kepada seluruh personel agar mempersiapkan diri terhadap semua kemungkinan yang bisa terjadi.

"Saya berharap kepada rekan-rekan semua agar tugas yang diemban kepada kita saat ini dapat kita laksanakan dengan baik, karena yang berkunjung ke wilayah kita nanti adalah tamu kehormatan kita yaitu Bapak Presiden oleh karenanya itu mari kita lakukan yang terbaik," katanya

Presiden Jokowi tiba di Saumlaki setelah melaksanakan serangkaian kegiatan di Provinsi Papua.

Dalam melaksanakan kunjungan kerjanya selama tiga hari, Presiden melakukan berbagai kegiatan dari Jayapura hingga ke Mimika. Kegiatan tersebut di antaranya meresmikan Papua Football Academy (PFA), membagikan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM), meninjau Pasar Kampung Doyo Baru di Kabupaten Jayapura hingga diakhiri dengan kegiatan meninjau pertambangan Freeport di Tembagapura, Mimika.

Baca juga: Gubernur pastikan keamanan kunjungan Presiden di perbatasan Maluku

Baca juga: Ribuan personel Polri dan TNI di Maluku amankan kunjungan Presiden

Baca juga: Kasetpres jelaskan video viral Gubernur Maluku di kunker Presiden

Baca juga: Presiden Jokowi dengarkan "curhat" pengusaha perikanan Maluku

Pewarta: Simon Lolonlun
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022