Jakarta (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan saat ini sistem perizinan terpadu Online Single Submission (OSS) telah menerbitkan sebanyak hampir 1,8 juta Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Hal itu disampaikan Bahlil saat mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan Pemberian NIB kepada pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) perseorangan yang diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/BKPM di di Gelanggang Olah Raga Toware, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu.

Presiden Jokowi secara simbolis memberikan NIB kepada 11 pelaku usaha yang mewakili 2.700 pelaku UMK perseorangan di wilayah Papua telah berhasil difasilitasi dalam pengurusan NIB melalui aplikasi OSS Indonesia.

"Bapak Presiden, kita laporkan sampai hari ini jumlah NIB yang terbit melalui OSS sudah hampir 1,8 juta, dan di Papua masih kurang genjot, belum sampai 20 ribu. Target kami di akhir tahun harus minimal 200 ribu NIB. OSS dari Aceh sampai Papua sudah berjalan, untuk UMKM tidak ada masalah," katanya.

Baca juga: Jokowi minta UMKM di Papua manfaatkan NIB untuk tambah modal

Bahlil mengungkapkan sebagaimana arahan Presiden Jokowi, Kementerian Investasi/BKPM diminta tidak hanya mengurus investasi yang besar, namun juga yang kecil. Maka dari itu, tahun ini, Kementerian Investasi/BKPM berkomitmen untuk meneruskan kegiatan Pemberian NIB kepada pelaku UMK di 20 daerah di Indonesia.

Mantan Ketua Umum Hipmi itu juga menyampaikan bahwa 58 persen dari target realisasi investasi tahun 2022 ini sebesar Rp1.200 triliun telah tercapai.

Kementerian Investasi/BKPM, lanjut Bahlil, akan terus mendorong kolaborasi antara pengusaha besar dan UMKM untuk menjadikan pengusaha daerah menjadi tuan di negeri sendiri.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Pramono Agung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki.

Baca juga: Teten targetkan 2,5 juta UMKM miliki NIB pada tahun 2024

Pemberian NIB di Kabupaten Jayapura, Propinsi Papua merupakan rangkaian acara ke delapan dari 20 daerah di seluruh Indonesia yang direncanakan dan merupakan acara kedua yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo setelah Jakarta.

Acara serupa telah dilaksanakan di Solo, Jakarta, Medan, Banjarbaru, Banyuwangi, Mataram, dan Sleman.

Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, sampai dengan 31 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB pagi, tercatat sebanyak 1.796.287 NIB telah berhasil diterbitkan melalui sistem OSS di seluruh wilayah Indonesia.

Dari angka tersebut, 98 persen merupakan NIB pelaku UMK dan 2 persen pelaku usaha menengah dan besar. Sedangkan, khusus untuk Provinsi Papua, sebanyak 14.833 NIB telah berhasil diterbitkan.

Baca juga: UMKM diyakini peroleh banyak manfaat dengan miliki NIB

Baca juga: KSP: Pengembangan UMKM tidak berhenti pada kemudahan urus izin usaha

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022