Nantinya komunike yang berhasil disusun di sini bisa menjadi masukan untuk Summit G20 yang berlangsung pada November 2022
Jakarta (ANTARA) - Forum Urban 20 (U20) merampungkan komunike atau rekomendasi menyangkut investasi di bidang kesehatan dan perumahan, transisi energi, serta pendidikan dan pelatihan untuk akses pekerjaan yang akan disampaikan dalam pertemuan G20 di Bali.

"Nantinya komunike yang berhasil disusun di sini bisa menjadi masukan untuk Summit G20 yang berlangsung pada November 2022," kata Gubernur DKI sekaligus Ketua Bersama Urban 20 Anies Baswedan di Jakarta, Selasa.

Anies merinci tiga rekomendasi bagi pemimpin dunia dalam forum G20 itu untuk menyikapi tantangan global setelah pandemi COVID-19.

Menurut dia, pentingnya investasi yang lebih besar untuk kesehatan dan perumahan yang mempercepat pemulihan ekonomi.

Dengan begitu, lanjut dia, diyakini akan melahirkan kebijakan yang lebih adil dan merata.

Kedua, terkait pentingnya untuk segera mengadopsi pendekatan berkelanjutan khususnya terkait transisi pemanfaatan energi dan mobilitas penduduk di kawasan urban.

Rekomendasi ketiga, kata dia, terkait pentingnya mengedepankan pendidikan dan pelatihan untuk dunia kerja masa depan karena saat ini dunia mengalami transformasi akibat dampak pandemi COVID-19.

Akibatnya, dunia kerja banyak membutuhkan keahlian baru dan pekerjaan baru.

Selain tiga rekomendasi tersebut, Anies menuturkan bahwa Urban 20 juga menyoroti soal dunia yang diambang krisis menyangkut tingginya harga minyak, harga energi, pangan yang dampaknya dirasakan banyak negara.

"Ini penting untuk mulai diantisipasi dan disampaikan ke level G20," imbuh Anies.

Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan krisis akibat pandemi COVID-19.

Anies menambahkan pertemuan U20 di Jakarta menjadi ajang saling tukar pikiran, ide dan gagasan untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dengan lebih baik.

Jakarta menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin pemerintah kota yang mewakili negara anggota Group of 20 (G20) atau Urban 20 Mayors Summit, 30-31 Agustus 2022.
Baca juga: Anies: Jakarta berkomitmen lindungi perempuan dan anak dari kekerasan
Baca juga: Anies: Kota sumber inovasi, kreativitas dan terobosan
Baca juga: Anies terapkan toleransi nol untuk kekerasan terhadap perempuan

​​​​​​

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022