Jakarta (ANTARA) - Penerbit dan pengembang game Free Fire, Garena, memulai rangkaian turnamen Free Fire Esports 2022 Fall yang terdiri dari Free Fire Master League (FFML) Season VI Divisi 1 dan Free Fire Indonesia Master (FFIM) 2022 Fall yang akan menghadirkan level kompetisi baru yang mendorong semua tim melampaui batas kemampuan menjadi juara.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin, Garena mengungkapkan bahwa Free Fire Esports 2022 Fall hadir sebagai bentuk komitmen untuk menghadirkan kompetisi yang berkelanjutan bagi para pemain Free Fire profesional dan semi profesional di Indonesia.

Perubahan utama pada turnamen Free Fire Esports 2022 Fall adalah penambahan jumlah round pertandingan dari sebelumnya enam round menjadi delapan round (best of eight).

Terdapat empat map yang digunakan, yaitu bermuda (round 1 dan 5), Kalahari (round 2 dan 6), Purgatory (round 3 dan 7) dan Alpine (round 4 dan 8).

Selain itu, para pemain di kompetisi FFIM 2022 Fall juga akan mendapatkan penantang baru dari 12 tim dari Free Fire Master League Ladies Series yang baru saja selesai digelar.

FFML Season VI Divisi 1
Kompetisi kelas profesional teratas FFML Season VI Divisi I akan dilakukan dengan format liga yang mempertemukan 12 tim teratas FFML Season V Divisi 1, tiga tim teratas FFML Season V Divisi 2, dan tiga tim teratas dari Divisi Qualifier.

Total 18 tim tersebut dibagi ke dalam tiga grup yang terdiri dari enam tim dan berkompetisi sepanjang empat pekan setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu sepanjang 2 September-25 September 2022. Secara total, masing-masing tim akan memainkan 48 pertandingan.

FFML Season VI Divisi 1 menghadirkan tiga tim kelas berat bertitel juara, yaitu juara FFML Season V Divisi 1 Evos Divine, juara FFIM 2022 Spring Echo Esports, dan peraih emas Free Fire di SEA Games Vietnam RRQ Kazu.

Memiliki status juara, masing-masing tim akan menunjukkan kemampuan terbaiknya untuk meraih titel sebagai juara tunggal di kompetisi ini.

Baca juga: Indonesia Esports Summit bakal jadi panggung pelaku ekonomi kreatif

Tak hanya tiga tim di atas, FFML Season VI Divisi 1 juga masih memiliki 15 tim lain yang siap menantang para juara, yaitu Aura Ignite, DG Esports, Dragon Phoenix, First Raiders Eclipse, Galaxio Corvus, GPX Achiles, G Arsy Aphrodite, Island of Gods, Kings Esports, MBR Epsilon, Onic Olympus, Rebellion Tabor, SES Alfaink, Tangcity Esports, dan Voin Ordinary.

Seluruh tim memperebutkan gelar juara FFML Season VI Divisi 1 serta total prize pool senilai Rp1,2 miliar.

Tak hanya itu, pemuncak klasemen di akhir kompetisi tersebut juga akan mengamankan kursi sebagai salah satu perwakilan Indonesia di turnamen Free Fire World Series (FFWS) yang akan datang.

Final Week untuk menentukan siapa juara FFML 2022 Season VI Divisi 1 yang akan dilaksanakan pada 23 September-25 September 2022.

FFIM 2022 Fall
Sebagai kompetisi yang inklusif, FFIM 2022 Fall diawali dengan tahapan Online Qualifier yang dapat diikuti oleh seluruh pemain Free Fire di Indonesia.

Sebanyak 93 tim teratas kemudian akan bertarung kembali dalam babak Quarter Finals bersama dengan enam tim terbawah dari FFML Season VI Divisi 2 dan sembilan tim dari FFML Ladies Series. Pada tahap ini seluruh tim terbagi ke dalam sembilan grup yang terdiri masing-masing dari 12 tim dalam format liga.

Sebanyak 18 tim teratas dari tahap Quarter Finals kemudian akan memasuki babak Group Finals yang akan digelar pada 30 September-2 Oktober 2022.

Tim-tim tersebut akan bertemu dengan enam tim terbawah dari FFML Season VI Divisi 1, dan peringkat 4-12 dari FFML Season VI Divisi 2. Tak hanya itu, mereka juga akan berhadapan dengan tiga tim teratas dari FFML Ladies Series. Dengan demikian, akan ada 36 tim yang berlaga di babak ini.

Sebanyak empat tim teratas dari tahapan ini akan melenggang ke babak Play-ins pada 15 Oktober 2022 dan bertemu dengan delapan tim lain dari peringkat 7-12 FFML Season VI Divisi 1, dan peringkat 1-3 FFML Season VI Divisi 2.

Sebanyak tujuh tim teratas kemudian akan melaju ke babak Grand Finals pada 23 Oktober 2022 dan melawan lima tim dari peringkat 2 hingga peringkat 6 FFML Season VI Divisi 1.

Pemenang dari babak Grand Finals akan mendapatkan gelar juara Free Fire Indonesia Master 2022 Fall dan hadiah dengan nilai total Rp800 juta.

Selain itu, sang juara juga akan mendapatkan kesempatan untuk memasuki tahapan play-ins menuju turnamen FFWS yang akan datang.

Jika berhasil melewati tahapan tersebut, maka tim tersebut akan mendampingi juara FFML Season VI Divisi 1 di turnamen internasional tersebut.

Baca juga: IESF World Esports Championship 2022 di Bali siap digelar
Baca juga: Piala Presiden Esports 2022 resmi bergulir

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022