Medan (ANTARA) - PT Angkasa Pura Aviasi selaku pengelola Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara, menargetkan pembukaan tujuh rute penerbangan internasional ke Asia Selatan hingga akhir 2022.

"Kami bergerak cepat pada tahun ini yang ditargetkan Bandara Kualanamu membuka tujuh rute dari dan ke Asia Selatan," kata Head Of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura Aviasi, Dedi Al Subur di Medan, Minggu.

Hingga kini, lanjut dia, terdapat lima rute internasional pergi pulang yang telah dilayani, yaitu Kulanamu-Kuala Lumpur, Kulanamu-Penang, Kualanamu-Singapura, Kualanamu-Madinah, dan Kualanamu-Bangkok.

Kelima rute internasional dengan tujuan empat negara tersebut menggunakan pesawat maskapai penerbangan, yakni Indonesia AirAsia, Singapore Airlines, Lion Air, Citilink, dan Batik Air.

Baca juga: Menhub apresiasi pengelolaan baru Bandara Kualanamu

Data Bandara Internasional Kualanamu saat ini melayani 15.000 hingga 17.000 orang penumpang dengan pergerakan pesawat 120 sampai 130 kali frekuensi pada rute domestik maupun internasional setiap hari.

"Yang kami lakukan terus komunikasi dan koordinasi kepada airlines dan seluruh pemangku kepentingan supaya bersama-sama meningkatkan pelayanan, keamanan, kenyamanan dan kepatuhan," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya mengimbau kepada pengguna transportasi udara untuk melengkapi diri dengan persyaratan yang berlaku, dan selalu disiplin dalam mengimplementasikan protokol kesehatan.

"Kami sampaikan juga bahwa di Bandara Kualanamu tersedia fasilitas vaksinasi COVID-19, sehingga bagi calon penumpang bisa mendaftarkan diri langsung untuk mendapatkan suntikan vaksin sebagai syarat perjalanan udara," jelas Dedi.

Baca juga: AOC Kualanamu: Penerbangan umrah mulai bergairah di tengah pandemi

Baca juga: Bandara Kualanamu terbangkan 413 orang untuk umrah ke Madinah


Pewarta: Muhammad Said
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022