Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong peningkatan literasi digital dari sisi etika dan budaya digital masyarakat untuk membuka beragam potensi percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Pemanfaatan seluas-luasnya peluang yang ada saat ini harus dilakukan untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi, termasuk dari sektor digital di Tanah Air," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Sensus Penduduk Indonesia Tahun 2020, katanya. mencatat populasi milenial Indonesia 25,8 persen. Selain itu, populasi gen Z tercatat 27 persen. Generasi milenial merupakan orang yang lahir di tahun 1981-1996, sementara gen Z lahir tahun 1997-2012.

Baca juga: Kemenkominfo-UNU beri pelatihan literasi digital pada masyarakat

Menurut Lestari, potensi dominan dua kelompok umur masyarakat yang sudah mengenal gawai sejak dini itu harus dimanfaatkan lewat penanaman literasi digital yang baik dan mampu mendorong produktivitas masyarakat.

Peluang percepatan pertumbuhan ekonomi lewat pemanfaatan ruang digital, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, sangat terbuka.

Namun, tutur Rerie, agar pemanfaatan ruang digital dapat sesuai yang diharapkan maka diperlukan penanaman etika dan budaya digital yang baik kepada masyarakat.

Baca juga: Kominfo sebut tantangan literasi digital di Papua berangsur teratasi

Para pemangku kepentingan dan masyarakat harus mampu meningkatkan literasi digital masyarakat di samping peningkatan produktivitas lewat potensi digital yang ada, ucap Rerie.

“Gerakan peningkatan etika dan budaya digital masyarakat sangat mendesak dilakukan karena pemanfaatan ruang digital oleh masyarakat yang semakin luas dalam keseharian,” ucap Rerie.

Baca juga: Literasi digital bantu masyarakat pahami pelindungan data

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan ekonomi, menurut Rerie, ruang digital dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berinteraksi dengan sesama terkait banyak hal, seperti politik, sosial, budaya, dan aspek kehidupan.

Rerie berpandangan, di tengah tingginya potensi pemanfaatan ruang digital oleh masyarakat, maka penanaman etika dan budaya digital yang baik harus konsisten dilakukan agar masyarakat Indonesia benar-benar siap memanfaatkan ruang digital untuk menjawab berbagai tantangan di masa kini dan mendatang.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022