Solok (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda menargetkan sekitar 20 ribu orang ikut upacara peringatan HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 di puncak Gunung Talang Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

"Kita menargetkan peserta upacara HUT RI di puncak Gunung Talang nantinya sebanyak 20 ribu orang, mulai dari seluruh OPD, para pendaki, dan masyarakat yang ingin ikut merayakan HUT RI nantinya," kata dia di Koto Baru, Kamis (11/8).

Ia mengatakan saat ini sudah banyak yang mendaftar untuk mengikuti upacara bendera HUT RI itu di puncak Gunung Talang, bahkan sudah melebihi 20 ribu orang.

"Kami juga mewajibkan masing-masing peserta agar membawa bendera Merah Putih yang akan dikibarkan di sana nantinya. Bagi yang tidak bawa bendera tidak boleh naik ke atas," kata dia.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT Ke-77 RI tersebut pertama kali digelar Pemerintah Kabupaten Solok di puncak Gunung Talang.

"Di puncak Gunung Talang tersebut nantinya akan berkibar bendera Merah Putih," ucap dia.

Ia menjelaskan upacara HUT RI di puncak Gunung Talang tersebut menunjukkan bahwa Pemkab Solok menjunjung tinggi NKRI dan mencintai Pancasila.

"Selain itu, kita juga ingin mengenalkan objek wisata Kabupaten Solok yang sangat indah yang memiliki lima danau. Kita juga berharap dapat mengundang investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Solok," kata dia.

Baca juga: BKKBN targetkan angka kematian ibu turun maknai HUT ke-77 RI

Selain mengadakan upacara bendera, di puncak Gunung Talang akan diserahkan penghargaan kepada anak yang berumur di bawah lima tahun lahir pada tanggal 17 Agustus berupa uang sebanyak Rp2 juta. Hadiah tersebut akan diserahkan ke orang tuanya.

"Kami nantinya juga akan menyerahkan bantuan beasiswa kepada siswa yang berprestasi di puncak Gunung Talang usai pelaksanaan upacara bendera Merah Putih," ucap dia.

Pemkab Solok mengadakan rapat persiapan upacara peringatan HUT Ke-77 RI yang akan digelar di puncak Gunung Talang, Rabu (10/8).

Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Medison mengatakan upacara tersebut digelar di puncak Gunung Talang sebagai momentum membangkitkan ekonomi dan pariwisata setelah pandemi.

Setelah upacara, Bupati Solok Epyardi Asda bersama forkopimda melakukan ramah tamah dengan para pendaki.

Ia mengingatkan organisasi perangkat daerah setempat mempersiapkan dengan baik personel yang akan melaksanakan upacara HUT RI di Gunung Talang supaya siap saat pendakian.

Ia juga mengingatkan tentang pentingnya selalu menjaga kebersihan di lokasi gunung saat pendakian sesuai dengan tema pendakian kali ini, yakni "Gunung Talang Bersih."

​​​​​​​Baca juga: 12 ribu warga Biak makan ikan gratis, semarakkan HUT RI
Baca juga: Sleman gencarkan pembagian Merah Putih, sambut HUT RI

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022