sekelompok orang yang tak memikirkan diri mereka sendiri
Jakarta (ANTARA) - Ribuan pecinta sepeda ontel berencana menggeruduk Gelora Bung Karno (GBK) pada 14 Agustus 2022 dalam rangka merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Kami harapkan kegiatan ini bisa ikut menciptakan pembauran antar-generasi, karena yang boleh berpartisipasi tak hanya generasi tua, tapi juga milenial," kata Ketua panitia aksi Ontel Cinta Tanah Air (OCTA) Tomi Ari Sudewi dalam keterangan persnya di Jakarta, Sabtu.

Kegiatan itu diperkirakan akan diramaikan oleh 5.000 pecinta sepeda ontel dari beragam komunitas dan lintas generasi.

Ia menyebut, beberapa tokoh direncanakan hadir dalam kegiatan it, seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran , Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto dan Kepala Dinas Olahraga Provinsi DKI Jakarta Achmad Firdaus.

Selain itu, Padepokan Dakwah Sunan Kalijaga (Padasuka) pimpinan KH Syarif Rahmat juga akan terlibat dalam kegiatan ini.

Baca juga: Sepeda ontel ini bisa terobos banjir

Syarif mengaku terkesan dengan komunitas pencinta sepeda ontel ini lantaran dinilai sangat kompak dan tidak mengutamakan ego personal dalam mengelola organisasi.

"Ada sekelompok orang yang tak memikirkan diri mereka sendiri. Itulah komunitas sepeda ontel, yang tak saling tanya soal biaya, atau nanti pulang bawa apa," katanya.

Ia menambahkan, mereka memelihara dua unsur yang mulai hilang saat ini yakni kesederhanaan dan kebersamaan.

Beberapa komunitas yang akan bergabung dalam kegiatan ini antara lain Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Persaudaraan Sepeda Ontel Nusantara (PESONA), Komunitas Ontel Batavia (KOBA), Bintaro Ontel Solidarity (BOS) dan masih banyak lagi.

Mereka akan memulai perjalanan dari GBK sekitar pukul 06.00 WIB menuju Mapolda Metro Jaya.

Baca juga: Anies optimistis jalur sepeda di Jakarta capai 500 kilometer

Lalu mereka akan melintasi jalan Gatot Soebroto mengarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, kemudian ke makam Pangeran Jayakarta di Jatinegara Kaum, Jakarta Timur, lanjut ke Kota Tua, hingga finis kembali di area Plaza Barat GBK.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022