Jakarta (ANTARA) - Tokopedia berhasil membawa pulang empat penghargaan dari ajang Selular Award 2022 yang digelar di Jakarta, Jumat.

Keempat penghargaan tersebut meliputi Most Trusted Brand, UMKM's Most Favorite eCommerce, Best e-Commerce, dan Excellence in Performance untuk Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia Leontinus A Edison.

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Sebagai perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia, Tokopedia terus berkomitmen untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam memenuhi kebutuhan pengguna, serta memberikan panggung bagi lebih dari 12 juta pegiat usaha lokal.

"Kami selalu mengedepankan DNA kami, yaitu Focus on Consumer di mana pengguna yang mencakup pembeli, penjual serta karyawan selalu menjadi fokus utama dari inovasi bisnis Tokopedia," ujar Ekhel melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Salah satu inovasi yang sedang gencar dijalankan Tokopedia adalah Inisiatif Hyperlocal. Program dan bentuk dari inisiatif hyperlocal ini adalah:

○ Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal: Menghadirkan festival belanja WIB dan WIB Lokal selama tanggal 25 hingga akhir setiap bulan. Para penjual di daerah dapat mendapatkan eksposur yang lebih besar dalam kampanye WIB Lokal.

○ Kumpulan Toko Pilihan (KTP): Mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat dengan fitur geo-tagging, sehingga UMKM daerah memiliki peluang untuk tumbuh dan bangkit.

○ Tokopedia NOW!: Sebuah layanan yang membantu masyarakat mendapatkan produk kebutuhan harian – termasuk produk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan ringan dan lainnya – dengan jaminan akan tiba maksimal dua jam setelah pembayaran.

○ Dilayani Tokopedia: sebagai layanan pemenuhan yang memungkinkan penjual di Tokopedia menitipkan stok produk di ‘gudang pintar’ di berbagai daerah, terutama di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi. Dengan Dilayani Tokopedia, Tokopedia berkomitmen untuk menyediakan pengiriman yang terpercaya, cepat, dan gratis ke seluruh negeri.

Ekhel melanjutkan, Inisiatif ini hadir untuk menjawab salah satu tantangan UMKM, yaitu menjangkau lebih banyak masyarakat di berbagai penjuru Indonesia sekaligus membantu para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal, dapat terus relevan dengan perkembangan zaman dan menjadi juara di negeri sendiri.

"Selain itu, inisiatif ini juga mendukung UMKM di daerah mendapatkan panggung yang seluas-luasnya, di mana mengedepankan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat di domisili mereka," tambahnya.

Jajaran pemenang Selular Award 2022 di antaranya adalah Samsung, OPPO, dan Telkomsel.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022