Saya rasa akhir pekan ini ada peluang untuk menang
Jakarta (ANTARA) - Juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton mengatakan performa Mercedes di Hungaria, Minggu, membakar semangatnya untuk meraih kemenangan pertama musim ini ketika kembali balapan setelah jeda musim panas nanti.

Sang pebalap Inggris finis runner-up di depan rekan satu timnya, George Russell pada balapan yang dimenangi oleh Max Verstappen di Sirkuit Hungaroring.

Duet tim Mercedes itu untuk kedua kalinya secara beruntun naik ke podium bersama-sama sejak GP Prancis pekan lalu.

Baca juga: Verstappen geram terhadap fan yang bakar merchandise Hamilton

Capaian mengejutkan yang lain adalah pole position yang diraih Russell pada Sabtu, merupakan yang pertama kali bagi Mercedes sejak balapan penultima musim lalu GP Arab Saudi.

"Apabila kami dapat membawa kecepatan ini ke paruh kedua musim, pastinya kami dapat mulai bertarung dengan mereka," kata Hamilton dikutip Reuters, seraya menambahkan finis posisi kedua di belakang Verstappen sangatlah memuaskan.

"Ini kali pertama kami dapat bertarung dan bersaing dengan Ferrari.

"Ini sangat besar bagi kami," kata pebalap berusia 37 tahun itu, yang memulai balapan dari P7 karena mengalami masalah dengan DRS saat kualifikasi.

Akhir pekan di Hungaria menunjukkan tanda-tanda Mercedes, yang kewalahan dengan mobil yang memantul-mantul di awal musim, mulai menemukan arah.

Tim juara dunia itu kini terpaut hanya 30 poin di belakang Ferrari, dan di saat tim Italia itu sering melakukan blunder strategi, Mercedes bisa saja merebut posisi dua klasemen dari tim yang bermarkas di Maranello itu.

Baca juga: Leclerc meratapi blunder strategi ban hard Ferrari di Hungaria

Hamilton, pemegang rekor 103 kemenangan dalam kariernya, mengakui Red Bull memiliki mobil yang lebih kencang pada Minggu ketika Verstappen yang start dari P10, sempat melintir, tapi masih mampu melaju meraih kemenangan.

Akan tetapi, ia menambahkan, Mercedes bisa menang apabila memiliki dua mobil yang start dari depan.

"Saya rasa akhir pekan ini ada peluang untuk menang," kata Hamilton.

"Kami masih membuat progres dan langkah yang sangat besar dan juga memiliki konsistensi ini dan dua podium di dua balapan terakhir, ini memberi kami harapan yang sangat besar dan dorongan untuk paruh kedua."

Musim balapan F1 dilanjutkan di Belgia pada 28 Agustus nanti.

Baca juga: Verstappen menangi GP Hungaria, duet Mercedes naik podium lagi
Baca juga: Russell klaim pole perdana F1 dalam karier di GP Hungaria

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022