Jakarta (ANTARA) - Oka Antara menyampaikan bahwa para pria dapat berkaca dan belajar tentang hal-hal yang selama ini tak mereka sadari melalui karakter Gilang dalam film "Noktah Merah Perkawinan".

"Kalau menurut saya, yang bisa dipelajari sama laki-laki di luar sana dengan nonton "Noktah Merah Perkawinan" adalah kita mungkin secara nggak sadar akan berkaca terhadap diri sendiri. Banyak tindakan yang tidak sengaja itu ternyata nyakitin perempuan," ujar Oka saat dijumpai di Jakarta Selatan, Kamis malam (28/7).

"Bukan kita yang mau. Tapi kadang-kadang kita lupa secara refleks kita punya tujuan kerjaan tertentu yang mau kita capai, tapi dalam proses mencapainya itu kita malah mencederai perasaan seorang perempuan. Nah itu yang dilakukan Gilang yang mungkin nanti para laki-laki bisa berkaca dan melihat itu gue tuh. Gue kayak gitu di rumah atau di tempat kerja," tambahnya.

Baca juga: Bincang-bincang bersama Oka Antara di Festival Film Tokyo 2019

Sementara itu, bagi anak-anak generasi muda yang menonton, film ini juga dapat memberi pelajaran untuk mereka. Terutama bagi mereka yang sudah berniat ingin menikah.

Melalui "Noktah Merah Perkawinan", Oka mengatakan bahwa anak muda dapat melihat bahwa menikah bukan berarti akhir yang bahagia. Sebab, masih panjang perjalanan pernikahan yang harus mereka jalani seumur hidup bersama pasangan.

Selain itu menurut Oka, film ini juga mengajarkan kepada anak muda bahwa sebelum menikah, mereka harus memastikan memiliki komitmen yang kuat dengan pasangan. Selain itu, menyelesaikan masalah juga sangat penting dalam sebuah rumah tangga.

"Kalau buat anak-anak yang belum nikah, pelajarannya pernikahan itu bukan berarti happy ending. Pernikahan itu menikah lalu langsung punya anak itu nggak selesai semuanya. Masih ada lagi," kata Oka.

"Masih banyak yang harus dilewatin. Jadi saling mengenal satu sama lain. Bahkan karakter pasangan bisa berubah di tahun ke 3, 5, 7 dan seterusnya. Bisa berubah-ubah. Jadi sangat possible untuk ditempuh pernikahan itu. Tapi komitmennya harus benar-benar kuat dan nggak mengabaikan masalah," tutupnya.

Dalam film ini, Oka Antara akan beradu akting bersama Marsha Timothy dan Sheila Dara. Film ini akan resmi diputar di bioskop pada 15 September mendatang.

Baca juga: "Gara-Gara Warisan" jadi film komedi pertama Oka Antara

Baca juga: "Jagat Arwah", film horor dengan unsur misteri budaya Nusantara

Baca juga: Serial kriminal "Brata" hadir kembali dengan musim kedua

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022