Medan (ANTARA) - Ketua ​​​​​​ Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman melantik dan mengukuhkan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumut untuk wilayah Sumatera Utara yang digelar di Aula HT Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, di Medan, Kamis.

Adapun unsur PB PON XXI/2024 untuk wilayah Sumatera Utara yang dilantik adalah Ketua Umum Eddy Rahmayadi, Wakil Ketua Umum Musa Rajekshah, Ketua Harian Bobby Nasution, Wakil Ketua Harian Umar Zunaidi Hasibuan beserta sejumlah staf lainnya.

Marciano dalam kesempatan itu mengatakan pelantikan dan pengukuhan itu adalah momen yang sangat penting, mengingat pelaksanaan PON tahun 2024 hanya tinggal dua tahun lagi.

Dengan dilantik, maka panitia dapat segera melakukan tindakan tindakan aktif untuk persiapan pelaksanaan PON, terutama dalam pembangunan venue yang diperlukan untuk pertandingan cabang olahraga nantinya di PON XXI/2024.

Baca juga: Persiapan PON Aceh-Sumut 2024 dinilai sudah berjalan sesuai tahapan

Ia juga mengaku senang bahwa Eddy Rahmayadi yang juga Gubernur Sumatera Utara telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR mengenai progres rencana pembangunan berbagai venue di Desa Sena Kabupaten Deli Serdang.

"Pusat sudah setuju akan dibangun satu stadion di Aceh untuk pembukaan PON dan di Sumatera Utara untuk penutupan PON nanti. PON kali ini cukup penting karena untuk pertama kali digelar di dua provinsi," katanya.

Sementara Ketua Umum PB PON XXI 2024 Sumut-Aceh untuk wilayah Sumatera Utara, Eddy Rahmayadi mengatakan, pelantikan dan pengukuhan ini merupakan legalitas awal kerja persiapan PON.

Meski sebenarnya jauh-jauh hari berbagai persiapan sudah dilaksanakan termasuk perencanaan anggaran dan venue yang harus disiapkan untuk PON nanti.

"Ini legalitas awal, ini bukan berhenti disini. Kita setelah ini akan urai tugas masing masing siap berbuat apa dan waktunya kapan.Karena kalau tidak, akan menjadi persolan.Ini adalah pesta besar yang digelar di Sumut dan Aceh, jadi harus benar benar kerja keras agar semuanya berjalan baik," katanya.

Baca juga: KONI Sumut pastikan PON XXI sesuai rencana
Baca juga: KONI Sumut tegaskan tidak akan "beli" atlet hadapi PON

Pewarta: Juraidi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022