Jakarta (ANTARA) - Pabrikan motor sport asal Italia Aprilia Racing dan perusahaan studi serta produksi sistem knalpot untuk kendaraan roda dua SC-Project mengumumkan kolaborasi keduanya di kejuaraan MotoGP akan berlanjut hingga dua musim ke depan.

"Proyek yang solid dan ambisius seperti kami membutuhkan mitra dengan visi yang sama. Proyek dengan SC-Project adalah hubungan yang terjadi secara alami: dua perusahaan besar Italia, pemimpin teknologi di segmen masing-masing, dengan DNA sporty dan inovatif," kata CEO Aprilia Racing Massimo Rivola dalam keterangannya, Selasa.

Lebih lanjut, SC-Project -- perusahaan yang berbasis di kawasan Cassinetta di Lugagnano di Kota Milan, Italia -- akan menjadi Official Technical Supplier dari Aprilia Racing Team yang berbasis di wilayah Veneto.

Dukungan ini akan melengkapi performa semua motor balap Aprilia, mulai dari 250 Sport Production hingga 660 Trofeo, serta seri khusus yang dibuat oleh departemen balap.

Knalpot yang diadopsi oleh evolusi terbaru RS-GP adalah tipe 4-into-2, yang sepenuhnya terbuat dari material titanium dan dibuat di Italia. Teknologi ini juga mencakup katup throttle untuk mengatur pengiriman daya mesin V4 lebih dari 270 hp yang terintegrasi dengan baik ke dalam desain aerodinamis yang disempurnakan dari prototipe Aprilia.

"Sistem pembuangan adalah elemen kunci dari mesin V4 baru kami, yang terbukti menjadi salah satu yang paling kompetitif di MotoGP. Hal ini juga berkat sinergi teknis dengan SC-Project, perusahaan dinamis dan kompeten yang telah menjalin hubungan baik dan saling menguntungkan dengan kami," kata Direktur Teknis Aprilia Racing Romano Albesiano.

Pendiri dan Pemilik SC-Project Stefano Lavazza dan Marco De Rossi menambahkan, sinergi yang mereka bangun dengan Aprilia Racing mewakili ekspresi tertinggi teknologi kendaraan roda dua di kategori utama, yaitu MotoGP.

"Mengembangkan dan membangun sistem pembuangan berteknologi dan berkinerja tinggi terbaik untuk RS-GP adalah proyek ambisius dan sangat penting bagi SC-Project, sebuah kombinasi khas Italia," kata keduanya.

Baca juga: Piaggio hadirkan skuter premium Aprilia SR-GT 200, harga Rp60 jutaan

Baca juga: PT Piaggio Indonesia perluas jaringan diler Motoplex 4 brand

Baca juga: Sensasi Aprilia RS 660, motor sport seharga Rp600 jutaan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022