Belitung, Babel (ANTARA) - Komando Distrik Militer 0414/Belitung di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap mengamankan jalannya pelaksanaan pertemuan tingkat menteri pembangunan G20 di daerah itu pada 7-9 September mendatang.

"Peran dari Kodim 0414/Belitung kalau itu sifatnya dalam bidang kementerian kami mendukung polisi untuk masalah keamanan," kata Komandan Kodim 0414/Belitung, Letnan Kolonel Infantri Mustofa Akbar, di Tanjung Pandan, Belitung, Kepulauan Riau, Sabtu.

Baca juga: Indonesia fasilitasi DEWG bahas pemanfaatan data

Ia mengatakan, mereka juga siap menyesuaikan pola pengamanan ketika nantinya pertemuan itu dihadiri oleh tamu setingkat kepala pemerintahan atau wakil kepala pemerintahan.

"Karena kalau ada tamu VVIP presiden atau wakil presiden itu merupakan ranah Markas Besar TNI maka kami akan menyesuaikan dengan petunjuk dan perintah dari atasan," ujarnya.

Baca juga: Indonesia tekankan keseimbangan aliran data lintas batas negara

Menurut dia, pelaksanaan pertemuan tingkat menteri pembangunan G20 di Belitung pada 7-9 September mendatang merupakan kegiatan berskala internasional sehingga pola pengamanan telah memiliki prosedur pelaksanaan baku tersendiri.

"Kami menyesuaikan dengan SOP dan petunjuk komando atas," katanya.

Ia bilang, mereka juga akan meminta dukungan personel sebagai kekuatan tambahan guna mengamankan jalannya pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu.

Baca juga: G20 Orchestra, yang terbaik dari dunia berkumpul di Indonesia

"Karena di sini kondisinya sangat terbatas tentu kami perlu dukungan BKO personel sesuai dengan yang disampaikan dalam hal ini oleh komandan Satgas baik dari Kodam maupun Korem," katanya.

Ia juga memerintahkan jajaran personel di kesatuannya untuk terus memantau situasi terkini di wilayah masing-masing guna mengetahui perkembangan keamanan sehingga Belitung tetap kondusif.

Baca juga: W20 dorong kaum perempuan aktif kembangkan pariwisata Sumut

"Situasi saat ini kondusif tidak ada yang menonjol harapan kami sampai acara selesai kegiatan tetap kondusif," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022