Ini yang kita coba dorong supaya lebih banyak UMKM yang bisa didorong untuk kelasnya bisa naik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan rencana pemerintah membangun pusat perbelanjaan Sarinah mini di bandara-bandara Indonesia, sebagai jendela atau etalase produk-produk buatan lokal.

Hal itu disampaikan Erick Thohir dalam laporannya pada acara Peresmian Transformasi Sarinah oleh Presiden RI Joko Widodo di Jakarta, Kamis.

"Sebanyak 500 UMKM yang sudah bergabung di gedung Sarinah ini. Tentu kita tidak berpuas diri, kita terus mendorong bagaimana membuat Sarinah-Sarinah mini, yang nanti di airport-airport sebagai jendela untuk produk lokal kita," ujar Erick Thohir.

Dia mengatakan nantinya selain keberadaan Sarinah di Jakarta yang menjadi sebuah megastore atau pusat perbelanjaan besar, akan ada juga Sarinah kecil di bandara-bandara Indonesia.

"Ini yang kita coba dorong supaya lebih banyak UMKM yang bisa didorong untuk kelasnya bisa naik," jelas Erick.

Dia menekankan pemerintah cukup keras melakukan kurasi produk UMKM yang bisa dijual di Sarinah, karena Sarinah betul-betul menjadi sarana pembuktian bahwa standar produk lokal tidak kalah dengan produk luar negeri.

"Dan alhamdulillah ini produk-produk unggulan yang saya yakin ke depan bisa go global, tapi harus memastikan menguasai pasar Indonesia dulu. Jadi kalau pasarnya sudah kuat baru kita dorong mereka go global," ujar Erick.


Baca juga: Wapres harap pusat perbelanjaan Sarinah bawa produk UMKM mendunia
Baca juga: Mitra LPDB gelar bazar di Sarinah untuk dukung produk lokal
Baca juga: Rachmat Gobel puji Erick Thohir mampu bangkitkan Sarinah

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022