Kurban adalah kewajiban umat Islam yang mampu, tentu kami, BUMN, hadir untuk membantu masyarakat yang saat ini belum bisa melakukan kurban, harus saling tolong menolong
Jakarta (ANTARA) - Himpunan bank negara (Himbara) yang terdiri dari BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN berkolaborasi dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) memberikan paket daging sapi kurban kepada masyarakat di Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

"Kurban adalah kewajiban umat Islam yang mampu, tentu kami, BUMN, hadir untuk membantu masyarakat yang saat ini belum bisa melakukan kurban, harus saling tolong menolong," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Himbara tercatat menyalurkan 300 sapi dengan rincian 200 sapi untuk Jawa Timur, 75 sapi untuk Jawa Barat, dan 25 sapi untuk Banten.

Erick menyampaikan bahwa program kolaborasi ini tak hanya bermanfaat bagi penerima kurban, melainkan juga menggerakkan perekonomian daerah karena Himbara membeli sapi langsung dari peternak setempat.

Menurut dia, langkah yang dilakukan oleh Himbara dengan melibatkan peternak setempat sejalan dengan komitmen BUMN dalam menjaga tren positif perekonomian Indonesia.

"Sapi-sapi ini dibeli dari peternak, jadi istilahnya ekonomi yang berputar ini dari masyarakat untuk masyarakat," ujar Erick.

Lebih lanjut ia mengaku akan terus memantau penyaluran daging kurban agar tepat sasaran.

Selain itu, Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini juga menugaskan PT Berdikari untuk memastikan sapi kurban tersebut terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Erick menyebut BUMN siap membantu pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian dalam mengatasi persoalan PMK.

Ia mengatakan dukungan BUMN menjadi upaya konkret dalam menjaga kebangkitan pembukaan lapangan kerja yang saat ini dibutuhkan masyarakat.

"Nanti pasti BUMN akan ada penugasan lagi, seperti saat COVID-19 waktu itu kami ditugaskan pemerintah memberikan vaksin untuk masyarakat. Untuk PMK tentu ada penugasan yang kita sedang menunggu," kata Erick.

Baca juga: Erick sebut laba bank Himbara capai 78 persen buah dari transformasi

Baca juga: Erick minta Himbara terus perbaiki sistem dan layanan

Baca juga: Peran penting BUMN pulihkan ekonomi

 

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022