Kami ingin setiap pejabat Kementerian Perdagangan memiliki komitmen yang sama untuk menghindari segala praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela apapun
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengharuskan seluruh pimpinan tinggi Kementerian Perdagangan (Kemendag) menandatangani pakta integritas, yang terdiri dari pimpinan tinggi madya dan pratama (setingkat pejabat eselon I dan II).

“Kami ingin setiap pejabat Kementerian Perdagangan memiliki komitmen yang sama untuk menghindari segala praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela apapun,” kata Mendag lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

Mendag menegaskan pakta integritas ini juga merupakan dorongan moral agar semua pegawai Kemendag bekerja secara jujur, objektif, dan akuntabel, serta menghindari konflik kepentingan apapun.

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli, menegaskan kepada pejabat yang hadir, pakta integritas itu tidak boleh dipandang remeh karena konsekuensinya tegas, pelanggar akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

“Jangan main-main, ini bukan seremonial belaka, ini penegasan komitmen yang harus diresapi secara mendalam. Bagi pelanggar, sanksinya tegas!” kata Mendag Zulhas.

Baca juga: Kemenperin ajak junjung pakta integritas, pertahankan opini WTP

Penandatanganan pakta integritas ini juga disaksikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kejaksaan Agung, Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Turut hadir Anggota II BPK RI Daniel Lumban Tobing, Wakil Jaksa Agung Sunarta, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Gatot Eddy Pramono, dan Sekretaris Jenderal KPK Cahya Hardianto Harefa.

“Dengan disaksikan oleh KPK, BPK, Polri, dan Kejaksaan Agung hari ini, setidaknya saya sebagai Menteri Perdagangan sudah berupaya penuh mulai dari pencegahan,” tambahnya.

Mendag Zulhas melanjutkan ia tetap akan fokus melakukan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Dengan pembaruan tata kelola ini, Mendag berharap kinerja Kemendag dapat meningkat, lebih akuntabel, dan sepenuhnya berorientasi kepada kesejahteraan rakyat.

“Jika kerjanya lurus, maka jalannya akan mulus. Jika kerjanya benar, maka jalannya pun akan lancar,” tutup Mendag Zulhas.

Baca juga: Risma tekankan pegawai Kemensos jaga integritas pengelolaan data

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022