Jakarta (ANTARA/JACX) - Kunjungan Presiden Jokowi ke Rusia pada Kamis, 30 Juni 2022, menjadi sorotan internasional karena berlangsung setelah berkunjung di Ukraina.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin itu mendiskusikan konflik Rusia-Ukraina hingga pangan dan pupuk yang menjadi persoalan ekonomi dunia.

Terkait kunjungan itu, salah satu unggahan Twitter menyatakan anak-anak sekolah Rusia menyambut Jokowi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Unggahan yang muncul pada 29 Juni itu disukai oleh lebih dari 2.000 pengguna lain dan diunggah ulang lebih dari 500 pengguna lain Twitter.

Berikut narasi yang disematkan dalam unggahan itu:

dari WAG
Catatannya : anak sekolah Rusia menyambut kedatangan pakde @jokowi

Aye terharu 

Dulu ada Menteri yang gak hapal lagu Indonesia Raya ada juga yang mentabukan lagu ini padahal salah satu lagu kebangsaan paling enak irama & intensitas semnagatnya adalah Indonesia Raya
.”

Namun, benarkah terdapat siswa-siswi sekolah di Rusia yang menyanyikan lagu Indonesia Raya guna menyambut kedatangan Presiden Jokowi?
 
Unggahan hoaks yang mengklaim siswa-siswi sekolah di Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya guna menyambut Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Negara Beruang Merah itu. (Twitter)


Penjelasan:
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Moskow pada Kamis, 30 Juni 2022 pukul 11.00 waktu setempat, berdasarkan berita ANTARA.

Unggahan Twitter yang menyatakan terdapat anak-anak sekolah di Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya, diunggah pada 29 Juni 2022 atau sebelum Presiden Jokowi tiba di Rusia.

Video serupa sebagaimana ditampilkan pada unggahan Twitter itu dapat ditemukan di YouTube, pada 21 Mei 2018.

Unggahan video di YouTube disertai deskripsi, "Sekolah Gymnasium No. 18 kota Korolev, Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya."

Dengan demikian, unggahan Twitter yang menyatakan anak sekolah Rusia menyambut Jokowi dengan menyanyiakan lagu Indonesia Raya adalah hoaks.

Klaim: Siswa-siswi sekolah Rusia menyanyikan lagu Indonesia Raya sambut Jokowi
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Jokowi bagikan kaus '3 Periode'

Baca juga: Putin sampaikan perkembangan terkait Ukraina kepada Jokowi

Baca juga: Jokowi dan Putin banyak berdiskusi soal pangan dan pupuk

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022