Jayapura (ANTARA) - Tim SAR gabungan, Kamis (23/6) dengan menggunakan helikopter Caracal TNI-AU mengevakuasi delapan orang penumpang dan pilot pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM yang mengalami insiden dalam penerbangan dari Duma ke Timika.
 
Komandan Lanud Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Slamet Suhartono kepada Antara, Kamis mengakui, ada delapan orang yang dievakuasi dari lokasi pesawat Susi Air mengalami musibah.

Belum diketahui nama penumpang yang dievakuasi karena kami fokus mengevakuasi korban yang mengalami luka-luka.

Tujuh dari delapan orang yang dievakuasi mengalami luka-luka termasuk pilot Doyle Peter terluka cukup parah yakni patah kaki.

Baca juga: Polri pastikan seluruh penumpang Susi Air mendapat perawatan medis

Seluruhnya sudah dievakuasi ke Timika, kata Letkol Pnb Slamet yang mengaku ikut hingga ke lokasi pesawat nahas berada.

Ketika ditanya tentang kondisi pesawat Komandan Lanud Timika mengakui, mengalami kerusakan dan kotak hitam pesawat belum diambil.
 
Dijelaskan, dari keterangan yang didapat terungkap insiden itu terjadi saat pesawat dalam perjalanan dari Duma menuju Timika.

Namun untuk memastikan masih menunggu laporan dari KNKT berdasarkan informasi dari kotak hitam, jelas Letkol Pnb Slamet yang dihubungi dari Jayapura.
 
Jarak Timika-Duma ditempuh sekitar 15 menit penerbangan.

Baca juga: Airnav jelaskan kronologi kecelakaan pesawat Susi Air di Papua

Sebelumnya dilaporkan pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM, Kamis (23/6) mengalami insiden dalam penerbangan Timika-Duma-Timika membawa enam penumpang.
 
Enam penumpang yang dilaporkan menumpang di pesawat naas itu adalah Merina Dimpau,
 
Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu dan Lukas Dimpau.

 
 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022