Jakarta (ANTARA) -
Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil)
DKI Jakarta, Kamrussamad berharap
kesejahteraan masyarakat Ibu Kota meningkat 
seiring bertambahnya usia Jakarta yang pada Rabu genap 495 tahun.
 
Terlebih, kata anggota Komisi XI DPR RI tersebut, HUT Ke-495 Jakarta mengambil tema "Jakarta Hajatan: Kolaborasi, Akselerasi dan Elevasi" yang harus benar-benar mencerminkan kualitas kota, bukan hanya pada fisik kotanya, tapi juga kualitas SDM-nya.
 
"Jakarta sudah banyak perubahan fisik. Itu penting agar Jakarta bisa bersaing dengan kota-kota dunia lainnya," kata Kamrussamad dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Namun yang tidak kalah penting, kata dia, Jakarta juga harus meningkatkan kualitas SDM, kesejahteraannya serta kualitas hidup warganya.
 
Hal ini dibutuhkan, kata politisi Gerindra itu, karena berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) ada peningkatan jumlah warga miskin di Jakarta sebanyak 105.160 orang atau naik 0,89 persen pada periode 2017-2021.
 
"Ini masalah serius yang perlu di atasi juga oleh Pemprov DKI Jakarta," katanya.

Baca juga: Anggota DPRD: Jadikan HUT momentum akselerasi pembangunan Puskesmas
Baca juga: Anies sebut Jakarta tidak akan pernah berhenti berbenah
 
Seharusnya, kata Kamrussamad, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memaknai juga sejarah lahirnya Jakarta bahwa nama awalnya adalah Jayakarta yang berarti kemenangan dan kejayaan, yang seharusnya dimaknai kemenangan dan kejayaan bagi semua.
 
"Penetapan 22 Juni sebagai tanggal hari lahir Jakarta dituangkan dalam Surat Keputusan Dewan Perwakilan Kota Sementara Djakarta Raja No.6/D/K/1956," katanya.

Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta yang diperingati setiap 22 Juni tak lepas dari sejarah sebuah kota bernama Jayakarta yang didirikan oleh Fatahilah.

Fatahilah mengganti nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta beberapa bulan setelah mengalami kemenangan mutlak atas bangsa Portugis pada 1527. "Ini harus dimaknai dengan sepenuh hati agar arti Jakarta itu dirasakan masyarakat," katanya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022