Setidaknya ada sekitar 1.000 peserta upacara terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI Jakarta dan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Jakarta sebagai Ibu Kota Negara tidak akan pernah berhenti berbenah dengan terus melakukan pembaharuan.

"Perjalanan kota kita hampir 500 tahun, kota ini tidak pernah berhenti berbenah diri, kota ini terus menerus melakukan pembaharuan," kata Anies dalam sambutan saat memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu.

Anies  bertindak selaku Inspektur upacara yang dimulai sekitar pukul 07.30 WIB di Plaza Selatan Monas diawali defile Abang None Jakarta.

Defile kemudian diikuti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), TNI/Polri hingga Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

Selain defile, pada peringatan itu juga diputar melalui layar monitor sejarah berdirinya Jakarta dan lukisan pasir oleh Vina Candrawati yang menggambarkan perjalanan perkembangan kota Jakarta.

Setidaknya ada sekitar 1.000 peserta upacara terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI Jakarta dan masyarakat.

Upacara HUT ke-495 DKI Jakarta tahun ini merupakan upacara yang diadakan langsung dihadiri dengan jumlah peserta yang banyak setelah diadakan secara virtual selama dua tahun karena pandemi COVID-19.

Selain itu, upacara HUT yang diadakan di lapangan sisi selatan Medan Merdeka di kawasan Monas merupakan pelaksanaan pertama HUT tahun ini.

Upacara HUT ke-495 DKI tahun ini juga sekaligus menjadi upacara terakhir bagi kepemimpinan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI bersama Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, 2017-2022.

Anies dan Riza akan mengakhiri masa jabatan mereka pada 16 Oktober 2022.

Dalam upacara HUT DKI yang dikomandani Kepala Biro Umum dan Administrasi Sekretariat Daerah DKI Sugih Ilman itu juga dihadiri sejumlah undangan di antaranya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).
Baca juga: Ribuan manusia berbusana warna-warni hadiri upacara HUT ke-495 Jakarta
Baca juga: DKI gratiskan tarif TransJakarta, MRT dan LRT khusus 22 Juni
Baca juga: Kelapa Gading dipercantik dengan karangan bunga jelang HUT DKI

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022