Solo (ANTARA News) - Kepulan asap di ruang lobi Hotel Novotel di Jalan Gajah Mada, Solo, Jawa Tengah, Sabtu siang, hanya karena ada kabel terbakar diduga akibat arus pendek listrik.

Menurut Dini Araya, warga Solo, yang saat kejadian ada di lokasi lobi hotel, kabakaran tersebut di lantai satu ruang operator telepon Hotel Novotel, terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Namun, kejadian tersebut tidak sampai muncul titik api, hanya keluar asap dan bau menyengat kabel terbakar.

Persitiwa tersebut beberapa menit kemudian sejumlah petugas hotel berhasil melakukan pemadamkan.

Asisten Jenderal Manager Hotel Novotel Solo, Wisnu Wijaya, menjelaskan, keluar asap berasal dari di ruang lobi dekat operator telepon.

Menurut dia, yang terbakar hanya satu kabel instalasi listrik dekat operator telepon, dan petugas hotel langsung berhasil memadamkan api. Sehingga, kejadian itu, tidak sempat mengganggu tamu hotel.

Pihak manajemen hotel saat kejadian sempat menutup tamu yang datang hotel, tetapi beberapa menit kemudian kembali dibuka.

"Jumlah tamu di Novotel tidak sampai terganggu, saat kejadian penghuni hotel sekitar lima persen dari 142 kamar tersedia," katanya.

Peristiwa tersebut, kata dia, pihaknya belum bisa memperkirakan berapa kerugiannya, karena teknisi hotel sedang mengganti kabel yang terbakar itu.

Sementara munculnya asap di ruang lobi Hotel Novotel Solo, sempat sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Surakarta datang ke lokasi.

Namun, keempat mobil pemadam tersebut tidak sempat digunakan karena munculnya kepulan asap di ruang lobi sudah dapat diatasi. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012