Jakarta (ANTARA) - Warga yang menikmati Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada Minggu di Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara, tidak hanya berolahraga, tapi juga bisa memeriksakan kondisi kesehatan secara gratis.

Pemeriksaan kesehatan meliputi tekanan darah, suhu dan berat badan, gula darah serta pemeriksaan dini kanker serviks.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Utara dr Lysbeth Regina Panjaitan di Jakarta mengatakan, pemeriksaan kesehatan itu diikuti lebih dari lima puluh pengunjung dan dua puluh pengunjung lainnya menjalani vaksinasi lanjutan (booster).

Tidak hanya vaksinasi "booster", petugas pun melayani vaksinasi dosis satu dan dua dengan vaksin Sinovac dan Pfizer.

Pemeriksaan untuk mendeteksi kanker serviks dilakukan dengan metode tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan sasarannya wanita usia subur usia 30-50 tahun.

Baca juga: Danau Sunter Selatan jadi lokasi bebas kendaraan bermotor terbatas

Dengan melakukan deteksi sejak dini, peluang kesembuhan kanker serviks dapat meningkat.

Terdapat berbagai jenis pemeriksaan untuk kanker serviks. Selain "pap smear" yang paling populer untuk kanker serviks, maka tes IVA adalah salah satu cara lain yang juga bisa dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks.

Tes ​IVA adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat (visual inspection with acetic acid). Seperti namanya, tes IVA adalah suatu cara mendiagnosis dini kemungkinan adanya kanker serviks dengan menggunakan asam asetat.​​​​​​

Hasil pemeriksaan tes IVA yang muncul dapat melihat apakah terdapat pertumbuhan sel pra-Kanker di dalam serviks alias leher rahim atau tidak.

Saat ini tenaga pemeriksaan kesehatan dihadirkan dari Puskesmas Kecamatan Cilincing, tapi bergantian dari Fasilitas Kesehatan (Faskes) lain juga untuk memberikan pelayanan gratis dalam HBKB yang akan datang.

"Kami pastinya akan selalu hadir pada momen-momen seperti ini untuk memberikan pelayanan kesehatan secara gratis," katanya.

Baca juga: Pengunjung CFD di Danau Sunter gratis periksa kesehatan dan vaksinasi

Di tempat yang sama, Pemilik JakPreneur Putra Food, Dewi Astuti merasa senang kembalinya beragam aktivitas masyarakat seperti pada HBKB di Jalan Danau Sunter Selatan.

Enam puluh paket Onde-Onde Putra yang dijajakan ludes terjual meski waktu pemberlakuan HBKB hanya sampai pukul 10.00 WIB.

HBKB Jalan Danau Sunter juga menghadirkan stan Penampilan Edukasi Pengelolaan Sampah bertajuk "Back to Nature" dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Utara

Ada pula "Mobil Pojok Baca" yang berupaya menumbuhkan minat dan daya baca masyarakat dari Suku Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Jakarta Utara.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022