Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan jamaah calon haji gabungan yang terdiri dari Provinsi Kepri, Kalimantan Barat, dan Riau pada kelompok terbang ke empat, Sabtu.

"Jamaah Kota Batam (Kepri) sebanyak 131 orang, jamaah Kota Pontianak (Kalbar) ada 250, dan jamaah embarkasi Antara dari Riau 55 orang. Yang dari Riau sudah tiba di Hang Nadim pukul 07.45 WIB, dan langsung pindah ke ruang tunggu A9," kata Ketua PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Mahbub di Batam, Sabtu.

Kelompok terbang JCH hari ini merupakan keberangkatan perdana gabungan dari Embarkasi Hang Nadim Batam.

Sebelumnya Embarkasi Hang Nadim Batam telah memberangkatkan sebanyak 1.337 jamaah ke Kota Madinah yang merupakan jamaah asal Kepri dan Kalimantan Barat.

Baca juga: Dua calon haji Kalbar dirawat di RS Badan Pengusahaan Batam

Baca juga: Embarkasi Batam telah berangkat 1.337 calon haji ke Tanah Suci


Mahbub mengatakan mulai Ahad (19/6), keberangkatan JCH Embarkasi Antara Hang Nadim Batam terhitung dari kloter lima hingga kloter 12 yang terdiri dari JCH asal Riau dan Jambi.

"Besok kita sudah mulai Embarkasi Antara, kalau jadwal penerbangan hampir sama sekitar jam 12 atau jam 1 siang, tapi kita menunggu update dari Arab Saudi, kalau mereka terbang dari sana, akan di update," kata dia.

Terkait kondisi JCH yang sudah tiba di Madinah, Mahbub menjelaskan hingga saat ini seluruh JCH dipastikan dalam keadaan sehat dan lancar perjalanannya.

"Insya Allah, sampai hari ini semua baik-baik aja, kalau hari pertama jamaah fokus untuk siap-siap ibadah. Biasa mereka ada ibadah arbain, 40 waktu sholat tidak terputus dan juga kita sudah pesankan soal cuaca yang kurang mendukung apalagi untuk outdoor, jadi harus sering-sering minum jangan sampai haus dan dehidrasi," ujar Mahbub.

Pada musim haji 1443 H/ 2022 M, Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan sebanyak 5.362 jamaah dari empat provinsi yaitu Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Jamaah calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam terbagi dalam 12 kloter dan dua gelombang.*

Baca juga: Seorang calon haji Tanjungpinang gagal berangkat karena hamil

Baca juga: PPIH: JCH kloter pertama Kepri negatif COVID-19

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022