Beijing (ANTARA) - China telah merinci langkah-langkah untuk meningkatkan pemantauan perubahan iklim maupun kapabilitas pencegahan risiko, yang menandai kemajuan signifikan dalam upaya negara tersebut untuk meningkatkan dan mencapai ketahanan iklim.

China pada dasarnya akan berupaya membangun masyarakat tahan iklim pada 2035, dengan berbagai peningkatan signifikan dalam kemampuannya untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim, ungkap strategi adaptasi perubahan iklim nasional 2035, yang dikeluarkan bersama oleh 17 departemen, termasuk Kementerian Ekologi dan Lingkungan China.

Pada 2035, pemantauan perubahan iklim dan kapabilitas peringatan dini negara tersebut akan mencapai level maju secara global, sedangkan sistem pencegahan dan manajemen risiko iklim pada dasarnya akan matang, urai dokumen tersebut.

Ditambahkan dokumen itu bahwa China akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah dan mengendalikan risiko bencana besar terkait iklim secara efektif, serta lebih lanjut meningkatkan sistem standar dan teknis untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim.

China kali pertama mengeluarkan strategi adaptasi perubahan iklim nasional pada 2013, dan untuk kali pertama menjadikan adaptasi perubahan iklim sebagai strategi nasional.

Sejak saat itu, negara tersebut telah mencapai berbagai hasil positif dalam meningkatkan adaptasi terhadap perubahan iklim di industri-industri dan daerah-daerah utama.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022