Uji coba selama tiga bulan
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), menguji coba tiga bus listrik selama tiga bulan dengan rute Kampung Melayu - Tanah Abang (5F).

Direktur Utama PT TransJakarta Mochammad Yana Aditya di Jakarta, Rabu, menjelaskan tiga bus listrik itu berasal dari Zhongtong, Skywell dan Golden Dragon.

"Uji coba selama tiga bulan, apakah nanti kondisi sesuai standar kita,  bagaimana kita, segala macam, setelah itu baru kita masuk ke proses pengadaan," kata Yana.

Yana menambahkan uji coba itu juga untuk mengetahui ketahanan baterai, serta memastikan sertifikasi kesesuaian terhadap kebutuhan TransJakarta.

Baca juga: Transjakarta-Switch Mobility tandatangani MoU hadirkan bus listrik

Masing-masing bus listrik memiliki keunggulan seperti Zhongtong yang dengan kapasitas baterai sebesar 350 kWh dengan dua pengisian daya, yakni satu mode lambat dan satu cepat.

Skywell sendiri dilengkapi baterai Lithium Ion Phosphate (LiFePo4) berdaya 322 kWh dengan proses pengisian daya selama dua jam.

Sementara Golden Dragon memiliki kapasitas baterai sebesar 326 kWH dengan kecepatan pengisian daya selama 60 menit.

"Ke depan kita akan coba kendaraan mikro bus listrik. Kita berharap dukungan untuk bisa masuk dalam tahap uji coba tersebut," ujar Yana.

Baca juga: Setelah BYD, TransJakarta jajaki penggunaan bus dari empat negara

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022