Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat kembali menggelar Festival Olahraga Rakyat di delapan kecamatan setelah kegiatan tersebut vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma didampingi oleh Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga (Kasudin Pora) Jakarta Pusat, Makmur, membuka lomba cabang senam pada Festival Olahraga Rakyat (FOR) di GOR Johar Baru, Jalan Rawa Selatan IV, Selasa.

Dhany mengatakan, dengan diadakannya kembali FOR, masyarakat dapat membangun aktivitas sosial. "Sekarang kita baru bisa lakukan aktivitas olahraga kembali khususnya olahraga senam masyarakat," kata Dhany.

Dhany menjelaskan, lomba senam ini dilaksanakan di tiap kecamatan dengan jadwal satu kelurahan setiap harinya.

Ia berharap diadakannya kembali Festival Olahraga pada 7 Juni sampai 22 September 2022 ini dapat membuat masyarakat menjadi lebih produktif, bugar dan kompak satu sama lain.

Baca juga: Warga DKI diajak kelola emosi saat pandemi dengan olahraga
Baca juga: KONI Pusat: DKI Jakarta harus jadi barometer olahraga nasional


Kepala Seksi Keolahragaan Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Pusat, Uha Suhari mengatakan, lomba senam dalam festival olahraga ini merupakan Kegiatan Strategi Daerah (KSD) yang diwakili setiap RW di tiap kelurahan.

Kompetisi cabang olahraga dalam FOR juga tidak menggunakan sistem berjenjang sehingga setelah dilombakan, panitia langsung memutuskan juaranya.

"Seperti saat ini di Kecamatan Johar Baru, di sini sekarang digelar di Kelurahan Galur. Di situ ada 7 RW, jadi saat ini mereka bertanding nanti ada juara 1 sampai 3," kata Uha.

Total peserta dalam FOR cabang senam ini sebanyak 3.900 orang yang dibagi dalam setiap tim berjumlah 10 orang.

Penilaian dalam lomba senam ini meliputi teknik gerakan, kekompakan, keluwesan gerakan dan semangat dari para peserta.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022