Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan gelaran Formula E Jakarta mengukir sejarah karena menjadi ajang balap mobil listrik yang mengkampanyekan bebas emisi karbon.

"Ini kegiatan kelas dunia yang mengkampanyekan zero emisi dan Jakarta langit biru. Ini sejarah," kata Riza Patria melalui akun instagram @arizapatria di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Meski bersisian, Jalan Raya Ancol Baru tak semulus aspal JIEC

Untuk itu, ia mengajak masyarakat mendoakan dan mendukung ajang balap mobil listrik pertama di Indonesia itu.

Ia juga mengajak masyarakat Indonesia yang tidak berkesempatan menonton langsung, untuk menonton balapan seri ke sembilan itu melalui tayangan televisi nasional secara langsung.

"Untuk seluruh warga, salam hormat kami haturkan dari sirkuit Ancol. Balapan Formula E yang ramah lingkungan ini juga dapat disaksikan di televisi," ucapnya.

Wakil Gubernur DKI itu berkesempatan menonton langsung Formula E bersama istrinya, Ellisa Sumarlin.

Baca juga: Pemprov DKI optimistis Formula E dongkrak kunjungan wisman

Balapan seri ke sembilan itu Sirkuit Ancol, Jakarta Utara itu dipadatkan dalam sehari, yakni Sabtu ini dengan diawali latihan bebas dua kali pada pukul 07.15 WIB dan 09.00 WIB.

Kemudian sesi kualifikasi pada pukul 10.40 WIB hingga 11.55 WIB dan balapan puncak pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Sedangkan siaran untuk babak kualifikasi dan puncak balapan Formula E Jakarta di Indonesia akan ditayangkan di stasiun televisi swasta di antaranya Inews, Metro TV, dan RCTI.

Ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta diikuti 22 pembalap dari 11 tim yang berlaga di Sirkuit Ancol.

Pebalap Formula E yang berlaga di Jakarta itu berasal dari berbagai negara yakni Jerman, Inggris, Prancis, Monako, Amerika Serikat, India hingga China.

Baca juga: 105 petugas Sudinhub Jakut atur lalin dari enam titik kepadatan Ancol

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022