belum memberikan detail berapa tingkat hunian hotel di Jakarta saat ini
Jakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta optimistis ajang balap mobil listrik Formula E akan mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Ibu Kota karena ajangnya memang menarik.

"Tentunya kegiatan Formula E ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Andhika Permata di Jakarta, Sabtu.

Ajang perdana di Jakarta itu, kata dia, juga memberi dampak kepada industri perhotelan di Ibu Kota.

Meski begitu, ia belum memberikan detail berapa tingkat hunian hotel di Jakarta saat ini sebagai dampak ajang Formula E karena kegiatan sedang berlangsung.

Sebelumnya, panitia penyelenggara Formula E Jakarta mengklaim pembeli tiket Formula E lebih dari 50 persen berasal dari mancanegara.

"Yang beli tiket ternyata tidak hanya dari masyarakat Indonesia, tapi lebih dari 50 persen adalah Warga Negara Asing (WNA)," kata Vice Managing Director Formula E Jakarta, Gunung Kartiko di Ancol Beach City (ABC) Mal, Kamis (19/5).

Ia merinci warga negara asing itu berasal dari Jepang, Australia, Amerika Serikat, Filipina, India, Italia, Inggris, dan beberapa negara lainnya.

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat kunjungan wisatawan mancanegara di Jakarta pada Januari-April 2022 mencapai 88 ribu atau naik 170 persen dibandingkan periode sama tahun 2021 mencapai 32 ribu orang.

Sedangkan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel bintang per April 2022 mencapai rata-rata 45,8 persen atau turun hampir 7 persen jika dibandingkan Maret 2022 mencapai 52,7 persen.

Ajang balap mobil listrik Formula e Jakarta diikuti 22 pembalap dari 11 tim yang akan berlaga di Sirkuit Ancol.

Pebalap Formula E yang berlaga di balapan seri ke sembilan di Jakarta itu berasal dari berbagai negara yakni Jerman, Inggris, Prancis, Monako, Amerika Serikat, India hingga China.

Ada pun agenda pertama pada Sabtu ini dimulai latihan bebas dua kali yakni pada pukul 07.15 WIB dan 09.00 WIB.

Kemudian sesi kualifikasi pada pukul 10.40 sampai 11.55 WIB dan balapan puncak mulai pukul 15.00 sampai 16.00 WIB.
Baca juga: 105 petugas Sudinhub Jakut atur lalin dari enam titik kepadatan Ancol
Baca juga: Vergne amankan pole position di Jakarta E-Prix 2022
Baca juga: Penonton mulai datangi Sirkuit Jakarta E-Prix 2022

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022