Total jumlah masjid 4.444 lokasi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI untuk menyebarkan imbauan seluruh pengurus masjid dan masyarakat melaksanakan Shalat Ghaib usai Shalat Jumat bagi anak sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmiril Khan Mumtaz alias Eril yang hilang di Sungai Aare, Swiss.
 
Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Gunas Muhdianto saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan surat edaran secara resmi, namun diharapkan, imbauan yang disampaikan atas nama Ketua PW DMI DKI Jakarta H Ma'mun Al Ayyubi cukup untuk menggerakkan seluruh masjid di DKI Jakarta menggelar Shalat Ghaib bagi putra sulung Ridwal Kamil itu.

Baca juga: Anies serukan masjid laksanakan Shalat Ghaib untuk putra Ridwan Kamil

"Total jumlah masjid 4.444 lokasi. Sudah langsung berjenjang pengurus DMI mulai dari tingkat kota, kecamatan dan kelurahan," kata Gunas.
 
Imbauan yang disebarkan DMI Jakarta tersebut, kata Gunas, melalui pesan singkat kepada seluruh pengurus masjid di wilayahnya untuk melaksanakan Shalat Ghaib itu.
 
Selain menggandeng DMI Jakarta, Gunas juga berkoordinasi dengan Korps Pegawai Negeri (Korpri) untuk menyebarkan imbauan yang diserukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut.

"Alhamdulillah dari DMI dan Korpri DKI Jakarta mengeluarkan imbauan kepada Ketua serta jamaah masjid," ujar dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memerintahkan Kapala Biro Pendidikan dan Mental DKI Jakarta untuk mengeluarkan imbauan bagi seluruh masjid di Jakarta melaksanakan Shalat Ghaib bagi mendiang putra Ridwan Kamil yang dikabarkan hilang di sungai Aare, Bern, Swiss, pekan lalu.

Baca juga: Wagub DKI doakan putra Ridwan Kamil ditemukan selamat
 
"Kepada Karo Dikmental, harap segera membuat ajakan dan imbauan kepada seluruh masjid di Jakarta agar mendirikan shalat ghaib pasca shalat Jumat bagi ananda Emmiril Khan Mumtaz, putra dari Ibu Atalia dan Bapak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), yang hilang di sungai Aare, Bern, minggu lalu," kata Anies dalam keterangannya.
 
Selain itu, mantan Menteri Pendidikan itu meminta kepada seluruh Kepala OPD agar memastikan semua kantor di lingkungan Pemprov DKI yang menyelenggarakan ibadah Shalat Jumat juga menunaikan Shalat Ghaib.
 
"Harap mengajak serta seluruh pegawai Pemprov DKI yang melakukan Shalat Jumat untuk ikut mendirikan Shalat Ghaib dan mendoakan ananda Eril," tulis Anies.
 
Diketahui, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril hilang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, berdasarkan laporan yang diterima KBRI Swiss pada 26 Mei 2022 pukul 11.24 waktu setempat.
 
Menurut penjelasan kepolisian Swiss, Eril mengalami situasi darurat ketika berenang di sungai tersebut. Sejak menerima laporan orang hilang, polisi terus berupaya keras untuk menemukan pemuda berusia 22 tahun itu.
 
Saat ini, Ridwan Kamil telah pulang bersama dengan istrinya, Atalia Praratya, dan anak keduanya Camaillia Laetitia Azzahra ke Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: MUI Jawa Barat serukan warga Shalat Gaib untuk putra Ridwan Kamil

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022