Menjadi seorang anggota Paskibraka Nasional, bukan hal yang instan
Amlapura (ANTARA) - Bupati Karangasem, Bali, I Gede Dana menyampaikan kebanggaannya terhadap dua siswa dari kabupaten setempat yang lolos mewakili Bali dalam seleksi menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional.

"Adik-adik yang lolos seleksi dan mewakili Bali menjadi bagian dari Paskibraka Nasional merupakan prestasi yang luar biasa," kata Gede Dana dalam keterangan tertulisnya di Amlapura, Karangasem, Selasa.

Oleh karena itu, Gede Dana mewakili pemerintah daerah menyatakan sangat mengapresiasi dan ini harus menjadi inspirasi bagi siswa dan siswi lainnya.

Baca juga: Delegasi asing GPDRR belajar kearifan lokal Bali hadapi bencana

"Menjadi seorang anggota Paskibraka Nasional, bukan hal yang instan. Selain sebagai bentuk pengabdian kepada negara, juga bisa menjadi motivasi, inspirasi dan pemicu untuk siswa-siswi lain agar lebih bersemangat menorehkan prestasi," ujarnya.

Dua siswa yang lolos mewakili Karangasem untuk Paskibraka Nasional yakni I Kadek Kemala Permana Putra (siswa SMAN 2 Amlapura) dan Ni Ketut Pande Suastini (siswi SMKN 1 Manggis).

Dalam acara yang bertempat di Wantilan Kantor Bupati Karangasem itu, Gede Dana memberikan ucapan selamat kepada dua siswa yang terpilih menjadi Paskibraka Nasional dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 itu.

Baca juga: Pemprov Bali musnahkan 485 liter arak gula pasir sitaan di Karangasem

Kegiatan seleksi Paskibraka Provinsi Bali dan persiapan wakil Bali untuk Paskibraka Nasional dilaksanakan pada 13-15 Mei 2022 bertempat di GOR Lila Buana Provinsi Bali.

Dalam seleksi yang sangat ketat tersebut, Kabupaten Karangasem mengirim empat pasang calon anggota Paskibraka, masing-masing I Kadek Kemala Permana Putra, Ni Ketut Pande Suastini dan I Made Windu Aryadi.

Selanjutnya juga ada Ni Luh Pradnyan Wulandari, Ida Ayu Putu Citra Widyawati, I Komang Arik Kusuma Sudiarsna, I Putu Gede Bendesa Saputra dan Gusti Ayu Windy Purnawati.

Baca juga: BKOW Bali bantu bahan pokok bagi lansia dan kaum difabel di Karangasem

Selain I Kadek Kemala Permana Putra dan Ni Ketut Pande Suastini yang telah lolos sebagai anggota Paskibraka Nasional mewakili Bali, satu orang lainnya yakni I Made Windu Aryadi siswa SMA N 2 Amlapura, menjadi cadangan Paskibraka Nasional.

Dua orang yang tidak lolos menjadi anggota Paskibraka Nasional masing-masing Ni Luh Pradnyan Wulandari dan Ida Ayu Putu Citra Widyawati terpilih mewakili Karangasem untuk Paskibraka Provinsi Bali.

Sedangkan yang lainnya yakni I Komang Arik Kusuma Sudiarsna (siswa SMAN 1 Amlapura), I Putu Gede Bendesa Saputra (siswa SMKN 1 Amlapura) dan Gusti Ayu Windy Purnawati (siswa SMAN 2 Amlapura) yang gagal seleksi di Provinsi Bali, kembali akan bertugas dan bergabung dalam Paskibraka Kabupaten Karangasem.

Baca juga: Ramadhan, Bupati Karangasem jalin keharmonisan antarumat

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022