Jakarta (ANTARA) - Polri menyiapkan langkah-langkah untuk mencegah kemacetan lalu lintas di jalan tol dan jalur wisata pada hari libur Kenaikan Isa Al Masih, Kamis.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan sedikitnya ada lima strategi atau langkah yang dilakukan dalam mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas.

“Untuk jalan tol, bila terjadi kepadatan tetap akan diberlakukan contra-flow terutama di KM 47 sampai dengan 62.500 Tol Jakarta-Cikampek,” kata Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Sebagian warga diperkirakan ada yang mengambil cuti pada Jumat (27/5) untuk pergi ke luar kota sehingga terjadi kenaikan volume kendaraan bermotor di jalan konvensional dan tol.

Pemberlakuan contra-flow ini, kata Ramadhan, bersifat situasional melihat kondisi di lapangan, apabila volume kendaraan di dalam tol lebih dari 3.000 unit kendaraan, maka diberlakukan rekayasa lalu lintas.

Langkah berikutnya khusus di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor diberlakukan sistem satu arah (one way) dan ganjil genap pada saat pagi dan siang hari.

“Sistem one way dan ganjil genap ini juga situasional, pagi hari untuk kendaraan yang naik ke Puncak, dan siang hari untuk kendaraan yang turun kembali ke Jakarta,” katanya.

Kemudian, anggota Polri khususnya polres di wilayah menurunkan personel di lokasi-lokasi objek wisata dengan tugas mengurai arus lalu lintas dan melakukan pengamanan.

“Langkah yang keempat, meningkatkan patroli terpadu di lokasi-lokasi keramaian,” kata mantan Kabagpenum Divisi Humas Polri itu.

Yang kelima, melakukan antisipasi kejadian kontingensi seperti bencana alam dan kecelakaan lalu lintas.

“Langkah kontingensi ini dilakukan bersama-sama Tim SAR,” kata Ramadhan.

Libur Kenaikan Isa Al Masih dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk mengisi libur mengunjungi objek wisata, salah satunya Jalur Puncak yang menjadi alternatf liburan masyarakat di wilayah Jabodetabek.

Sat Lantas Polres Bogor memberlakukan ganjil genap di Jalur Puncak guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata tersebut.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022