Kami juga berharap ke depannya pengawasan partisipatif ini dapat melingkupi seluruh sivitas akademika terutama di Unilak.
Pekanbaru (ANTARA) - Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Riau Neil Antariksa mengatakan institusi ini mulai menggandeng perguruan tinggi dalam pengawasan pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar tahun 2024.

Dia menyatakan secara bertahap Bawaslu Riau sudah melakukan penandatanganan kesepakatan dengan beberapa perguruan tinggi.

"Kerja sama dengan Unilak (Universitas Lancang Kuning) Pekanbaru ini bukanlah satu-satunya kerja sama yang akan dilakukan Bawaslu Provinsi Riau. Kami juga agendakan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan perguruan tinggi lainnya, sehingga akan memudahkan tugas pengawasan partisipatif untuk Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 nanti," kata Neil Antariksa, di Pekanbaru, Rabu.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Unikak ini merupakan kerja sama pertama yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Riau dengan perguruan tinggi dalam rangka persiapan pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Dia berharap kerja sama ini dapat menjadi awal terjalinnya hubungan harmonis antara Bawaslu dan perguruan tinggi di Provinsi Riau, sehingga melalui pengawasan partisipatif dapat terwujud pemilu yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan langsung Rektor Unilak Junaidi dengan Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, dan disaksikan anggota Bawaslu Riau, Kepala Sekretariat, Kepala Bagian, serta staf Bawaslu Provinsi Riau.

Junaidi sangat berharap dengan adanya kerja sama ini dapat meningkatkan pengawasan partisipatif pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 lewat pengembangan pengawasan dalam bidang digital, sehingga dapat merangkul generasi muda untuk berpartisipasi dalam pengawasan.

Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan mengaku sangat setuju dengan pengembangan pengawasan ke arah digital, mengingat generasi muda saat ini sangat lekat dengan teknologi.

"Kami juga berharap ke depannya pengawasan partisipatif ini dapat melingkupi seluruh sivitas akademika terutama di Unilak," kata dia pula.
Baca juga: Bawaslu Riau kumpulkan alat bukti hadapi sengketa Pilkada
Baca juga: Bawaslu Riau awasi ketat penerapan protokol kesehatan saat kampanye

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera Lusiana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022