Jakarta (ANTARA) - Demi memperkuat komitmen sekaligus mendukung pengembangan inovasi digital dan teknologi di Indonesia, Astra International lewat Group Digital Strategy menghadirkan "Astranauts: Inspire. Innovate. Collaborate".

Atranauts adalah ajang kompetisi bagi mahasiswa dan startup yang memiliki minat terhadap pengembangan inovasi digital dan teknologi, dengan lima tema, yaitu Future of Mobility, Future of Finance, Industry 4.0, Sustainability, hingga Emerging Technology.

“Astranauts punya tujuan melahirkan ide-ide inovatif yang dapat menjawab tantangan bisnis saat ini. Kami berharap Astranauts juga menciptakan ruang kolaborasi yang lebih erat lagi antara mahasiswa, startup, dan juga Astra khususnya,” ujar Chief of Group Digital Strategy Astra International Paul Soegianto dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Baca juga: AHM buka Bale Santai Honda dan AHASS Siaga-Jaga

Baca juga: Astra sediakan 600 teknisi di jalur mudik lebaran 2022


Astranauts juga sejalan dengan proyeksi Astra untuk mempercepat transformasi digital, dan mendorong efektivitas proses bisnis dengan memperkenalkan berbagai inovasi baru. Selain itu, program ini juga merupakan upaya memperkuat ekosistem startup Astra, dan inisiatif-inisiatif dalam bidang digital serta teknologi.

“Kami mendukung masyarakat Indonesia untuk menjadi agile, dan tanggap dalam berinovasi dengan beradaptasi dengan memaksimalkan berbagai peluang yang ada di tengah masifnya perkembangan teknologi saat ini,” tambah Paul.

Pendaftaran Astranauts dibuka mulai 16 Mei 2022 hingga 8 Juli 2022 mendatang. Seluruh mahasiswa dengan jenjang sarjana, magister, hingga doktoral, dan startup tanah air maupun mancanegara yang sudah memiliki setidaknya MVP (Minimum Viable Product) boleh mendaftar sebagai peserta.

Nantinya, para pendaftar akan diseleksi untuk dapat melanjutkan ke tahap preliminary round. Peserta yang lolos dari tahap preliminary round akan mengikuti sesi mentorship eksklusif selama dua minggu dari partners Astranauts seperti, BCG, McKinsey, Accenture, Dalberg, AT Kearney, EY, Google, Microsoft, AWS, GK-Plug and Play.

Finalis yang terpilih tersebut akan mempresentasikan produk mereka pada Demo Day di hadapan dewan juri dan para ahli, yang akan berlangsung pada tanggal 26 Agustus 2022.

Di pekan yang sama dengan Demo Day, ada pula Astranauts Week, di mana peserta dan juga masyarakat umum dapat mengikuti serangkaian webinar, workshop, digital showcase, dan career fair. Jadwal lengkap Astranauts Week dapat dilihat melalui situs resmi Astranauts di https://astra.agorize.com.

Astranauts menyediakan total hadiah ratusan juta rupiah untuk para pemenang. Selain uang tunai, peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astra, serta kesempatan untuk bekerja bersama dengan Astra.

Baca juga: Astra selenggarakan rangkaian webinar pendidikan rayakan HUT ke-65

Baca juga: Yayasan Pendidikan Astra kirim 13 mahasiswa program Kampus Mengajar

Baca juga: Kemendikbud Ristek gandeng Astra luncurkan program pengembangan SMK

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022