Malam ini kami membutuhkan poin dan memerlukan agresivitas serangan sejak dini
Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Miami Heat Erik Spoelstra menyebut Bam Adebayo sukses menggantikan peran Jimmy Butler saat timnya mengalahkan Boston Celtics 109-103 dalam Gim 3 final Wilayah Timur NBA di TD Garden, Massachussetts, Sabtu (21/5) waktu setempat.

Butler tak bisa menuntaskan pertandingan dan harus menepi sejak awal kuarter ketiga karena menderita cedera peradangan lutut kanan.

"Dia melakukan versinya sendiri atas apa yang biasanya Jimmy lakukan: 'Melakukan yang diperlukan untuk pertandingan'," kata Spoelstra selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Minggu.

Baca juga: Bam Adebayo ambil kendali menangkan Heat atas Celtics di Gim 3

Di tengah absennya Butler, Adebayo mengambil alih peran sebagai penampil terbaik Heat lewat torehan 31 poin, 10 rebound, enam assist, dan empat steal, demi membantu timnya meraih keunggulan seri 2-1 atas Celtics.

"Malam ini kami membutuhkan poin dan memerlukan agresivitas serangan sejak dini. Lalu, ketika Jimmy keluar di babak kedua, dia (Adebayo) menstabilkan kami," ujar Spoelstra.

"Keadaan menjadi sedikit lebih buruk di luar sana dan ketika itu terjadi, kami bisa mengirim bola ke Bam dan mendapatkan sesuatu yang koheren," katanya menambahkan.

Adebayo mengakui bahwa ia dan rekan-rekannya mendapat tamparan keras atas hasil yang diderita di Gim 2 dua hari lalu, ketika Heat kalah telak 102-127.

"Pada pertandingan sebelumnya, seperti semua orang saksikan, mereka 'memukuli' kami seperti pencuri," kata Adebayo.

Baca juga: Kevon Looney jadi buah bibir usai berkontribusi tundukkan Mavericks

"Itu seharusnya menampar semua orang. Kalah telak di kandang sendiri seperti itu, mengatakan segalanya," ujarnya menambahkan.

Heat belum mengungkapkan kondisi Butler dan Spoelstra mengaku belum mendapatkan kabar terbaru mengenai bintangnya tersebut.

Terlebih lagi, di Gim 3 Heat juga harus memaksakan P.J. Tucker bermain dalam kondisi masih melawan rasa sakit di lututnya, sedangkan Kyle Lowry kembali untuk pertama kalinya sejak absen empat pertandingan dibekap cedera hamstring.

"Saya tidak memiliki kabar terbaru tentang siapapun. Kami hanya akan berusaha kembali ke gua kami, bekumpul kembali, dan mungkin saya akan memiliki informasi baru besok," ujar Spoelstra.

Gim 4 akan kembali dimainkan di TD Garden pada Selasa (23/5) waktu setempat.

Baca juga: Kembali kalahkan Mavericks, Warriors unggul 2-0 di final Wilayah Barat

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022