Jakarta (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meraih penghargaan "The Best Regional Leader Of The Year 2011" yang dianugerahkan sebuah perusahaan marketing "Markplus Inc.", terkait keberhasilannya menggelar pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara (SEA Games).

"Gubernur Sumatera Selatan berandil besar pada kesuksesan penyelenggaraan SEA Games 2011," kata salah seorang pendiri Markplus Inc, Hermawan Kertajaya, melalui keterangan pers di Jakarta, Kamis.

Hermawan menyatakan Alex Noerdin memiliki pemikiran yang inovatif, kreatif dan terobosan untuk mewujudkan kemajuan suatu daerah menyelenggarakan pesta olahraga tingkat internasional.

Pada kesempatan tersebut, CEO Markplus Inc., Michael Hermawan didampingi seorang Pimpinan Kelompok Usaha, Murdaya Po menyerahkan penghargaan kepada Alex Noerdin yang berlangsung di Jakarta, Kamis.

Sementara itu, Alex Noerdin mengisahkan awalnya ada sejumlah kalangan yang merasa pesimistis terhadap kesuksesan Sumatera Selatan menjadi tuan rumah pesta olahraga antarnegara se-Asia Tenggara tersebut, karena belum memiliki pengalaman dan minim infrastruktur.

"Tapi kami punya modal tekad dan semangat untuk berhasil," ujar Alex.

Alex menuturkan, Pemprov Sumatera Selatan menjadikan penyelenggaraan SEA Games 2011, sebagai sarana untuk memperkenalkan Sumatera Selatan kepada dunia internasional dalam upaya meningkatkan pariwisata.

Alex memiliki kebanggaan terhadap pelaksanaan SEA Games di Sumatera Selatan, karena dilaksanakan pada tanggal 11 bulan 11 (November) 2011 dan diikuti 11 negara Asia Tenggara.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membangun fasilitas olahraga bertaraf internasional di atas lahan tanah seluas 325 hektar terdiri dari 22 tempat pertandingan olahraga.

Alex berupaya mendatangkan investor guna membangun infrastuktur rel kereta api "double track" sepanjang 170 kilometer dari Tanjung Enim ke Pelabuhan Tanjung Api-Api dan ruas jalan tol yang merupakan bagian dari 1980 KM Trans Sumatera Highway yang akan pararel dengan Trans Sumatera Railway.

"Kami bersyukur nilai infrastruktur untuk membangun SEA Games bernilai lebih dari Rp4 Triliun, namun hanya 8 persen yang berasal dari APBD Sumsel," tutur Alex.

(T014/I007)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011