Jakarta (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menyatakan provinsinya siap menjadi tuan rumah untuk sambut Presidensi G20 Indonesia melalui Youth-20 (Y20) guna membahas isu planet yang berkelanjutan dan layak huni.

"Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyambut baik pelaksanaan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022. Membahas isu planet yang berkelanjutan dan layak huni dalam kegiatan ini di Kalimantan Timur menjadi tanggung jawab moral kami sebagai salah satu provinsi pemilik hutan hujan tropis terbesar di Indonesia,” kata Isran dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Isran menuturkan isu planet yang berkelanjutan dan layak huni menjadi tema besar pelaksanaan rangkaian acara Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 di Kalimantan Timur pada 21 dan 22 Mei 2022 mendatang melalui sudut pandang para pemuda.

Sebagai hasil dari forum Y20, nantinya rekomendasi kebijakan yang dirumuskan para delegasi pemuda negara G20 akan dibahas dalam forum resmi kepala negara G20.

Isran menuturkan masalah lingkungan dan planet bumi akan selalu relevan dengan anak muda dan sejalan dengan agenda dari Presidensi G20. Sebab, anak muda yang akan melanjutkan kehidupan bumi dalam jangka waktu yang lebih lama dan panjang.

Kepala Program, Logistik dan Relasi Delegasi Y20 Indonesia 2022 Mujab mengatakan isu prioritas dalam agenda Y20, akan melanjutkan isu warisan dari pendahulu sebelumnya guna memikirkan aksi nyata dalam penyelesaian masalah bumi melalui dua sub prioritas yaitu penjagaan sumber daya alam serta konsumsi dan produksi Berkelanjutan melalui ekonomi sirkular.

Sementara Co-Chair Indonesian Youth Diplomacy East Kalimantan Aie Natasha menjelaskan Pra-KTT Y20 akan menjadi sebuah ajang bagi anak muda Kalimantan untuk urun rembug tentang isu planet yang berkelanjutan dan layak huni.

"Melalui kegiatan Town Hall Meeting, seratus pemuda-pemudi akan turut berdiskusi dan menyampaikan ide serta aspirasi terkait dengan isu planet yang berkelanjutan dan layak huni. Aspirasi ini akan dibawa oleh delegasi resmi Indonesia dalam forum resmi Y20,” ujar Aie.

Y20 Indonesia 2022 akan melaksanakan event Pra-KTT di empat kota yaitu Palembang, Lombok, Balikpapan dan Manokwari. Puncak acara kegiatannya adalah pelaksanaan KTT Y20 2022 yang akan dilaksanakan pada bulan Juli di Jakarta dan Bandung.

Sedangkan penunjukan kota Balikpapan sebagai tempat penyelenggara Pra-KTT Y20 disebabkan karena kota itu menerima penghargaan sebagai kota berkelanjutan di bidang lingkungan di tingkat Asia Tenggara dan akan menjadi kota penyangga IKN.

Sebelumnya, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota G20 dan pertemuan pemuda G20 yakni Y20, lewat Indonesian Youth Diplomacy (IYD) sebuah organisasi nirlaba kepemudaan yang menjadi tuan penyelenggara resmi untuk kegiatan.

Terdapat empat bidang prioritas yang akan diusung dalam event ini: Ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, keragaman dan inklusi. Pra-KTT di Balikpapan ini menyediakan forum bagi para pemimpin muda domestik dan internasional untuk berdiskusi dan bertukar pikiran.

Terutama mengenai perlindungan sumber daya alam dalam tata kelola digital, kesadaran keuangan digital dan ekonomi sirkular melalui pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan.

Baca juga: Kaltim tuan rumah Pra-KTT III Y20
Baca juga: Jubir G20 ungkap data pentingnya literasi keuangan digital anak muda

Baca juga: Delegasi Y20 RI minta pemerintah bangun ekosistem cetak wirausaha baru

 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022