Beijing (ANTARA News) - Gempa yang melanda China barat laut menghancurkan ratusan rumah tetapi tidak ada korban dilaporkan, kata pemerintah, Jumat.

Hampir 300 rumah ambruk di prefektur Kashi, wilayah Xinjiang yang luas tetapi penduduknya jarang, ketika gempa berkekuatan 5,2 skala Richter melanda wilayah tu Kamis malam, merusak hampir 2.000 rumah lainnya, kata Kementerian Urusan Sipil.

Hampir 1.500 orang meninggalkan rumah-rumah mereka, kata kementerian itu dalam laman internetnya. Tenda-tenda dan pasokan bantuan telah dikirim ke wilayah yang dilanda gempa itu.

Xinjiang adalah satu wilayah luas dengan penduduk sekitar 20 juta jiwa, termasuk sembilan juta Uighur, satu etnik minoritas berbahasa Turki yang umumnya beragama Islam.

Gempa berkekuatan 5,4 skala Richter melanwda wilayah itu November lalu, menghancurkan lebih dari 50 rumah dan merusak ratusan rumah lainnya. Gempa Agustus berkekuatan 5,2 skala richter mencederai 26 orang, tiga diantara mereka berada dalam kondisi parah, dana menghancurkan lebih dari 30 rumah., demikian AFP melaporkan.

(SYS/H-RN/B002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011