UMCvEC 2022 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan University of Malaya. Tahun ini mengangkat tema “Green Olympic Village”.
Makassar (ANTARA) - Tim Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin meraih juara kategori Best Popularity Award dalam ajang Internasional University of Malaya Civil Engineering Competition (UMCvEC) 2022 di University of Malaya, Malaysia.

Salah satu anggota tim Unhas, Yusril Ramadhan di Makassar, Selasa menjelaskan UMCvEC 2022 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan University of Malaya. Tahun ini mengangkat tema “Green Olympic Village”.

"Kami tergabung dalam Tim Karampuang Unhas, mendesain sebuah inovasi wisma atlet yang aman, ramah lingkungan dan estetik, juga desain roof truss yang kokoh dan ringan. Dengan perjuangan keras dan proses panjang, akhirnya tim kami berhasil meraih predikat juara kategori Best Popularity Award," jelas Yusril.

Karampuang sendiri, kata dia, terinspirasi dari budaya Bugis Sinjai yang bermakna tempat bertemunya para raja-raja. Hal ini yang kemudian menjadi filosofi utama mendesain wisma atlet yang berfungsi sebagai tempat bertemunya para atlet dari berbagai daerah.

Dosen Pembimbing Tim Unhas Dr Eng Rita Irmawati ST MT. menyampaikan apresiasi atas capaian prestasi mahasiswa pada level internasional. Beliau mengatakan, iklim kompetitif saat ini mendorong mahasiswa untuk lebih kreatif dalam berkarya dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital.

Ia juga menjelaskan proses persiapan mahasiswa bimbingannya. Tantangan yang dirasakan hanya terletak pada persoalan keterbatasan waktu berinteraksi secara langsung dalam proses pembuatan proposal, desain dan analisis.

"Mahasiswa senangnya bekerja malam hari. Jika ada kendala, biasanya mereka komunikasi via whatsapp atau telepon. Mereka memang hebat-hebat, hanya perlu diberi motivasi dan dukungan, maka mereka akan total dalam berkarya," jelas Dr Rita.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik Sipil Unhas, Prof Dr Eng Muhammad Isran Ramli, ST MT., menyampaikan ungkapan rasa syukur atas prestasi tersebut. Dirinya berharap, prestasi tersebut dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan berkompetisi.

“Capaian ini juga sangat mendukung Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi yaitu jumlah mahasiswa yang berprestasi pada level nasional dan internasional. Kami sangat berbangga atas kontribusi dan prestasi yang sudah diraih oleh para mahasiswa FT Unhas," ujarnya..

*Tim Karampuang Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Unhas*

1. Yusril Ramadhan (2018)
2. Hari Anggara (2018)
3. Muthmainnah (2018)
4. Muhammad Fadli Al Kautsar (2020)
5. Muh. Farhan Muhlis (2020).
Baca juga: Mahasiswa Mandarin Unhas raih penghargaan internasional
Baca juga: Mahasiswa asing Unhas turut meriahkan Hari Kebudayaan Makassar
Baca juga: Mahasiswa Unhas raih emas pameran sains internasional YISF 2022

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022