sudah ditetapkan tersangka dalam kasus ini ada sembilan orang
Jakarta (ANTARA) - Penyidik Polres Metro Jakarta Selatan menangkap sembilan pelaku percobaan perampokan atau pembegalan terhadap dua orang anggota TNI dari Batalyon Arhanud 10/ABC Kodam Jaya di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (7/5).

"Para pelaku yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus ini ada sembilan orang, enam orang dewasa, tiga di bawah umur," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta Selatan, Selasa.

Tersangka yang ditangkap pertama yang ditangkap diketahui bernama MRH alias Muhamad Rizky (20). Sedangkan delapan tersangka lainnya berinisial MRM (19), RM (24), MB (16), FR (17), TP (21), MAH (15), AM (19) dan RM (19).

Dalam penangkapan tersebut polisi turut menyita sejumlah barang bukti berupa empat unit sepeda motor yang digunakan saat terjadinya tindak percobaan perampokan terhadap kedua anggota TNI tersebut, kemudian lima unit ponsel, dan satu buah batu konblok yang dilempar kepada korban.

Adapun motifnya adalah ingin merampas sepeda motor dan harta benda milik korbannya.

Baca juga: Polda Metro kejar tujuh pembegal anggota TNI di Jakarta Selatan

Dalam menjalankan aksinya para pelaku ini akan berkeliling di tempat sepi dan berpura-pura meminta rokok kemudian merampok korbannya.

Zulpan menjelaskan kejadian itu terjadi pada Sabtu (7/5) sekitar pukul 05.00 WIB di Jalan Bumi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di depan SMPN 29.

Saat itu komplotan ini berupaya merampok kedua korban, namun kedua korban yang merupakan anggota TNI atas nama Prada Junior Noval Ibrahim dan Prada Ardian Sapta Savela, tidak tinggal diam dan melakukan perlawanan hingga membuat sembilan begal itu melarikan diri.

"Saat itu korban mengadakan perlawanan sehingga para pelaku mencoba kabur, kemudian dilakukan pengejaran oleh korban yang merupakan anggota TNI tersebut dan berhasil mengejar satu motor dari empat motor yang lari tersebut lalu terjatuh. Satu berhasil diamankan yakni M Rizky," kata Zulpan.

Kemudian berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap Rizky polisi berhasil mengantongi identitas para pelaku lainnya yang langsung diringkus dalam tempo kurang dari 24 jam.

Baca juga: Polda Metro tangkap begal yang tewaskan seorang perempuan di Bekasi

Atas perbuatannya para tersangka kini resmi ditahan dan dijerat dengan Pasal 53 KUHP juncto Pasal 365 KUHP tentang perampokan dengan ancaman pidana 9 tahun penjara.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022