Hujan sedang hingga lebat dapat terjadi pada Sabtu siang dan malam hari
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di sebagian wilayah di Sumatera Utara agar waspada potensi terjadinya longsor dan banjir dampak dari hujan lebat yang terjadi.

"Waspada hujan lebat di wilayah pegunungan dan lereng yang dapat berpotensi terjadinya longsor dan banjir untuk wilayah dataran tinggi Sumatera Utara . Hujan sedang hingga lebat dapat terjadi pada Sabtu siang dan malam hari," kata prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Purba, Sabtu, di  Medan.

Ia menjelaskan cuaca di Sumut secara umum pada Sabtu siang berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Pakpak Bharat, Dairi, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Simalungun, Langkat, Kep Nias, Toba, Mandailing Natal, dan sekitarnya.
  Sore hingga malam hari berpotensi hujan sedang hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara

Pada dini hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Karo, Dairi, T. Tinggi, Simalungun, Batubara dan sekitarnya.

Suhu Udara 17.0 – 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen, dan angin berhembus dari barat daya-barat laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam,  demikian Lestari Purba..

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat yang dapat menyebabkan longsor di Sumut

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan di pegunungan berpotensi longsor di Sumut

Baca juga: Hujan deras akibatkan longsor di 4 ruas jalan di Simalungun Sumut

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan sebabkan banjir dan longsor di Sumatera Utara


Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022