Jakarta (ANTARA) - Pemerintah terus bersiaga mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran 2022/Idul Fitri 1443 Hijriah dengan menyiapkan berbagai skenario manajemen lalu lintas.

Pernyataan tersebut disampaikan Deputi I Kepala Staf Kepresidenan RI Febry Calvin Tetelepta, di Jakarta, Jum'at, menyikapi puncak arus balik Lebaran 2022 yang diprediksi terjadi pada Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5).

"Pemerintah akan selalu berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat, termasuk mengatur perjalanan arus balik dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan," kata Febry.

Ia mencontohkan manajemen lalu lintas itu seperti pengaturan penggunaan ruas jalan tol. Menurutnya, pada arus balik, pemerintah masih akan memberlakukan kebijakan ganjil genap, pemberlakuan jalan satu arah (one way), dan larangan truk masuk jalan tol.

"Kebijakan tersebut dinilai sangat efektif mengurai kemacetan saat arus mudik kemarin," ujarnya.

Baca juga: Polri berlakukan sterilisasi di KM 414 menuju KM 47 Cikampek siang ini

Untuk mengantisipasi antrean masuk masyarakat yang hendak ke Pulau Jawa dari Sumatera, kata Febry, pemerintah telah menyiapkan Pelabuhan Panjang di Lampung, Provinsi Lampung, untuk menampung kendaraan logistik dan penumpang menuju Pelabuhan Ciwandan, Provinsi Banten.

Febry juga menghimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan balik lebih awal atau setelah puncak arus balik demi menghindari kemacetan.

"Masyarakat bisa mempertimbangkan setelah melakukan silaturahim dengan keluarga, dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal. Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9 Mei 2022. Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua," kata Febry.

Sementara itu, sebagaimana laporan arus balik dari Tol Palikanci menuju Jakarta, Kepolisian mengatakan hingga Jumat siang terdapat sekitar 120.000 kendaraan telah bergerak melakukan arus balik menuju Ibu Kota.

Kabag Binaopsnal Ditlantas Polda Jabar AKBP Bayu Catur Prabowo mengatakan 70 persen kendaraan berasal dari gerbang tol Palimanan menuju Cikatama.

Baca juga: Jalur tol arah barat Kalikangkung mulai disterilisasi jelang "one way"

"Dari jumlah 120.000 itu, 70 persen itu berasal dari gate tol Palimanan, yang kita cek memasuki gate tol Cikatama," ungkap Bayu.

Ia menambahkan, selain dari gerbang tol Palimanan, beberapa kendaraan lainnya yang bergerak menuju arah Jakarta berasal dari beberapa daerah di Jawa Barat.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran untuk kembali dari kampung halaman lebih awal guna menghindari kepadatan dalam arus balik.

Presiden mengatakan bahwa pemudik juga bisa kembali setelah puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022, untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Namun, Presiden menyampaikan opsi ini harus disesuaikan dengan izin yang diperoleh dari tempat kerja masing-masing.

Baca juga: Jasa Marga imbau pemudik gunakan tempat istirahat dan SPBU alternatif

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022