pengamanan, baik terbuka maupun tertutup
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara (Jakut) mengawal lonjakan pengunjung kawasan wisata Ancol selama libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah dengan menyiagakan 125 personel.

"Tugas dari personel ini melaksanakan kegiatan pengaturan, penjagaan lalu lintas, kemudian pengamanan, baik terbuka maupun tertutup, ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan lalu lintas maupun kamtibmas," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo di Jakarta, Rabu.

Data Polres Metro Jakarta Utara menyebutkan sebanyak 63.000 orang mengunjungi kawasan wisata Ancol pada H+1 Lebaran pada Rabu.

"Di lokasi wisata Ancol, bahwa sampai dengan saat ini, jumlah pengunjung sudah berada pada angka 63.000 orang," ujarnya

Wibowo mengungkapkan Ancol mengalami kenaikan jumlah pengunjung hingga 11 persen dibandingkan dengan jumlah pengunjung sehari sebelumnya.

Baca juga: H+1 Lebaran, pengunjung Taman Impian Jaya Ancol meningkat 58 persen

Pengunjung yang datang dengan kendaraan roda empat mengalami kenaikan 19 persen dengan jumlah kendaraan roda empat sekitar 9.000 kendaraan.

Sedangkan kendaraan roda dua mengalami kenaikan 0,1 persen dengan jumlah kendaraan roda dua hari ini sekitar 4.000 kendaraan.

"Situasi ini kita prediksi masih akan mengalami peningkatan karena masa liburan masih cukup panjang, sampai 8 Mei," ujarnya.

Polres Metro Jakarta Utara juga mendirikan gerai vaksinasi penguat (booster) di kawasan wisata Ancol sehingga masyarakat bisa mendapatkan vaksin sambil menikmati liburan.

Wibowo juga mengimbau kepada masyarakat untuk setiap saat menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Taman Impian Jaya Ancol perkirakan pengunjung 55.000 orang per hari

"Kami menghimbau untuk selalu melaksanakan keamanan baik pribadi maupun pengguna jalan yang lain. Apalagi, saat ini kita masih berada pada masa pandemi COVID-19, tetap terapkan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan," katanya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022