Jakarta (ANTARA) - Sekitar 45 ribu orang diperkirakan mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada Rabu.

Perkiraan jumlah pengunjung sebanyak 45.000 orang itu setara dengan 75 persen kapasitas Taman Margasatwa Ragunan.

"Kita perkirakan hari ini puncaknya, maksimal 45.000 atau setara dengan kapasitas 75 persen Taman Margasatwa Ragunan," kata Staf Layanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, saat dikonfirmasi di lokasi, Rabu.

Wahyu mengatakan hal di tersebut mungkin saja terjadi mengingat hingga siang ini jumlah pengunjung hingga siang ini saja sudah mencapai 10.000 orang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi lonjakan jumlah pengunjung hari ini. Langkah pertama adalah menyediakan pos pengamanan di dua pintu utama.

Baca juga: Reservasi daring bantu pengelola wisata atur jumlah pengunjung
Baca juga: Pengunjung hari libur kedua tahun baru di Ragunan capai 16.909 orang


Pos pengamanan itu disediakan guna mengantisipasi tindak Kriminal yang terjadi di kawasan taman seperti copet dan pencurian lainnya.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Polsek Pasar Minggu untuk menyebar petugas keamanan di seluruh wilayah taman. "Petugas keamanan yang kita sebar itu yang berseragam maupun yang tidak berseragam," kata dia.

Pihaknya juga menugaskan beberapa petugas untuk berkeliling sambil mengingat pengunjung untuk menaati protokol kesehatan.

Hingga saat ini, jumlah pengunjung terus bertambah setiap jamnya. Dia berharap hari ini jumlah pengunjung bisa mencapai angka maksimal.

"Kita harapan bisa mencapai maksimal dan kegiatan wisata bisa berjalan dengan aman dan lancar," kata dia.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022