cenderung sepi untuk arah dari Palembang menuju Lampung ini
Bandarlampung (ANTARA) - Arus kendaraan di tiga gerbang tol Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terpantau ramai lancar pada 2 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Terlihat pada Sabtu, di Gerbang Tol Natar di kilometer 96+500, Lampung Selatan kendaraan pengguna jalan tol yang akan menuju jalan tol ruas Bakauheni atau pun Terbanggi Besar tidak terlalu ramai.

Sejumlah kendaraan banyak yang memanfaatkan gerbang tol tersebut sebagai akses cepat menuju Bandara Radin Inten II Lampung.

Selanjutnya di dua gerbang tol menuju Kota Bandarlampung, yakni Gerbang Tol Lematang di kilometer 74+350 dan Gerbang Tol Kota Baru di kilometer 78+600 terlihat ramai lancar dengan banyaknya kendaraan asal pulau Jawa yang masuk ke kota, dan sejumlah kendaraan asal berbagai daerah di Pulau Sumatera keluar menggunakan pintu tol tersebut keluar dari Kota Bandarlampung.

Baca juga: Pemudik Sumatera ke Jawa rasakan manfaat tol Trans-Sumatera
Baca juga: Srikandi fasilitasi 1.200 orang mudik gratis ke Sumatera hingga Jatim

Lancarnya arus mudik pada dua hari menjelang Lebaran 2022 terlihat juga di ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang terlihat ramai namun tetap lancar tanpa ada penumpukan kendaraan.

Adanya arus mudik yang lancar di Jalan Tol Trans Sumatera dikatakan oleh salah seorang pemudik pengguna kendaraan pribadi asal Palembang, Saleh.

Menurutnya, selama berkendara dari Palembang dirinya tidak mengalami kendala atas terjadinya kepadatan kendaraan.

"Tidak ada penumpukan malah cenderung sepi untuk arah dari Palembang menuju Lampung ini, mungkin belum terlalu banyak orang Sumatera yang mudik ke Jawa," kata Saleh.

Ia mengatakan, dengan ramai lancarnya arus kendaraan diharapkan dapat mempercepat perjalanan pemudik menuju Pelabuhan Bakauheni untuk menyeberang.

​​​​​​Baca juga: Jalintim ruas Palembang-Banyuasin ramai pemudik
Baca juga: Kesiapan "pintu gerbang" Sumatera sambut mudik pasca-COVID-19 melandai

Adanya kelancaran arus mudik di Lampung juga dikatakan oleh salah seorang pengemudi bus antarprovinsi, Ridwan.

"Kalau dari Semarang sampai Merak memang padat. Tetapi setelah menyeberang di Pelabuhan Bakauheni tadi sudah lancar," ucapnya.

Ia mengatakan, kelancaran arus mudik itu telah membantu dirinya untuk mempercepat perjalanan menuju Sumatera Barat.

"Kalau lancar di sini setidaknya membantu agar cepat sampai Sumatera Barat karena sudah lama macet di Jawa kasihan penumpang," tambahnya.

Dia melanjutkan, pada arus mudik Lebaran kali ini dengan adanya kemudahan syarat bagi pelaku perjalanan telah meningkatkan jumlah keterisian bus antarprovinsi.

"Naik sekarang isi bisa 40 orang, tahun sebelumnya 10 orang saja susah," ujarnya pula.

Kelancaran arus mudik di Lampung tidak hanya terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera namun juga terjadi di jalan lintas yang banyak digunakan oleh pengendara kendaraan roda dua.

Baca juga: Srikandi fasilitasi 1.200 orang mudik gratis ke Sumatera hingga Jatim

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022