untuk menghibur sesama pemudik selama perjalanan
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemudik sepeda motor yang melintas di Jalan Raya Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, mengundang perhatian dengan tulisan-tulisan lucu di barang bawaan.

Salah satu pemudik sepeda motor, Hamin mengatakan sengaja membuat tulisan lucu 'mudik ke kampung halaman bukan ke hati mantan. Tangerang-Bumiayu via Ukraina' di barang bawaannya untuk menghibur sesama pemudik selama perjalanan.

"Untuk menghibur orang lain dan buat seru-seruan saja masang kertas. Baru malam ini mulai jalan karena baru dapat libur dari kantor," kata Hamin di Jakarta, Jumat.

Hamin menambahkan bahwa dirinya harus menempuh perjalanan sekitar sembilan jam menggunakan sepeda motor menuju ke kampung halamannya yang berada di Brebes, Jawa Tengah.

Hamin mengatakan tulisan lucu yang ia tempel di barang bawaannya menjadi salah satu cara untuk melupakan lelah selama perjalanan ke kampung halamannya.
Tulisan lucu salah satu pemudik sepeda motor saat melintas di Jl Raya Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta, Jumat (29/4/2022). ANTARA/Yogi Rachman

"Memang biasanya setiap lebaran saya mudik naik sepeda motor. Ini saya barang bawaan bawa oleh-oleh, parcel untuk keluarga di kampung," ujar Hamin.

Kepala Pos Pengamanan Pelayanan Mudik Polsek Duren Sawit, Ipda Junaedi Effendi mengatakan volume kendaraan yang melintas di Jalan Raya Kalimalang telah meningkat hingga 75 persen pada Jumat malam atau H-3 Lebaran

Peningkatan volume kendaraan karena banyaknya pemudik sepeda motor, mobil, dan travel yang memilih berangkat mudik selepas waktu berbuka puasa hingga tengah malam.
Tulisan lucu salah satu pemudik sepeda motor saat melintas di Jalan Raya Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta, Jumat (29/4/2022). ANTARA/Yogi Rachman

"Kalau malam Biasanya habis Salat Tarawih. Kalau kepadatan di sore hari itu biasanya warga yang berdomisili di Jakarta. Kalau malam padatnya itu yang tujuannya mudik," ujar Junaedi.

Dia memperkirakan puncak arus mudik di Jalan Raya Kalimalang bakal terjadi pada Sabtu (30/4) atau H-2 Lebaran.
Baca juga: Nekat, pemudik asal Ancol kemudikan gerobak motor ke Jawa Tengah
Baca juga: Polisi kembali berlakukan satu arah di Tol Jakarta-Cikampek KM47-KM70
Baca juga: Kowarteg Indonesia berangkatkan 300 pemudik di Jabodetabek

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022